PTFI Bakal Jadi Perusahaan Patungan Inalum-Freeport McMoRan

Kompas.com - 04/07/2018, 14:23 WIB
Areal tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Grasberg, Timika, Papua, Kamis (24/11/2011). KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTOAreal tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Grasberg, Timika, Papua, Kamis (24/11/2011).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) bakal menjadi perusahaan patungan atau joint venture (JV) yang dibentuk oleh PT Indonesia Asahan Alumunium ( Inalum) dan Freeport McMoRan.

Adapun hal tersebut merupakan langkah divestasi 51 persen saham PTFI oleh pemerintah melalui Inalum.

"JV-nya tidak di atas PTFI dong. PTFI-nya justru jadi joint venture," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Rini Soemarno saat ditemui di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Rini menambahkan, pembahasan perihal perjanjian pembentukan perusahaan patungan atau joint venture agreement masih dilakukan sampai saat ini. Segala detilnya akan dibahas dalam perjanjian tersebut.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, Inalum Gandeng Jaringan PT Timah

"Jadi, joint venture agreement-nya itu untuk me-manage PTFI," imbuh dia.

Sementara itu, untuk komposisi saham di PTFI tersebut sebesar 51 persen bakal dipegang Inalum sedangkan sisanya dimiliki oleh Freeport McMoRan.

Di sisi lain, penandatanganan perjanjian pembentukan JV ditargetkan rampung dalam dua pekan ke depan.

Untuk sekarang, masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan, seperti perpajakan dan lingkungan hidup yang selama ini dilakukan oleh Freeport Indonesia.

Baca juga: Menteri BUMN: BUMD Papua Akan Miliki 20 Persen Saham Freeport

Rini pun kemudian berharap agar perusahaan patungan ini bisa dikelola secara transparan dan profesional.

Hal tersebut penting dilakukan mengingat Freeport-McMoran menginginkan tidak ada intervensi dari pemerintah terhadap pengelolaan perusahaan patungan tersebut.

“Ini benar-benar dikelola secara terbuka,” ujar Rini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X