Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo I Bagikan Kartu e-Money di Pelabuhan Tanjung Pinang

Kompas.com - 05/07/2018, 02:45 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA,  KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) cabang Tanjung Pinang membagikan 2.000 kartu e-money secara gratis kepada masyarakat.

General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang I Wayan Wirawan mengatakan pembagian uang elektronik gratis ini merupakan upaya untuk mendukung transaksi elektronik yang diterapkan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura, Tanjung Pinang.

"Pada bulan Juni lalu, kami telah melakukan soft  launching pemberlakuan sistem transaksi elektronik e-pass untuk pembayaran pas masuk pelabuhan. Sistem ini merupakan pilot  project untuk transaksi non-tunai yang pertama kali diterapkan di seluruh pelabuhan di Indonesia," ujar Wayan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/7/2018).

Mulai 15 Juli 2018, pembayaran pas masuk pelabuhan di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura dilakukan secara elektronik atau e-pass.

Baca juga: Transaksi e-Money di Tol Selama Libur Lebaran Diprediksi Capai Rp 500 miliar

Untuk mendukung kesuksesan program tersebut, Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang membagikan kartu e-money gratis kepada masyarakat.

"Untuk menggunakan kartu e-money tersebut, masyarakat cukup menempelkan kartu ke mesin yang tersedia, maka secara otomatis kertas pas masuk pelabuhan keluar dari mesin. Ke depannya, kami juga akan menerapkan e-parking, e-ticket, dan distribusi pembayaran elektronik lainnya sehingga menjadikan Terminal Penumpang Sri Bintan Pura ini menjadi smart terminal untuk langkah yang efektif dan efisien," kata dia.

Terminal Penumpang Sri Bintan Pura juga telah menerapkan sistem e-berthing yang digunakan untuk pelayanan tambatan kapal secara online yang bisa diakses dengan menggunakan smartphone.

Terminal Parkir Elektronik (TPE) atau parkir meter di kawasan Kalijodo. Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Terminal Parkir Elektronik (TPE) atau parkir meter di kawasan Kalijodo.

Sistem transaksi elektronik di Terminal Penumpang Sri Bintan Pura ini mendorong Pelindo 1 untuk melakukan modernisasi dengan melakukan digitalisasi pada setiap pelabuhannya.

"Kami merencanakan dengan penerapan e-money menjadi langkah untuk modernisasi pelabuhan yang nantinya akan menjadi standar terminal penumpang yang berada di seluruh wilayah operasional Pelindo 1," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com