Tiga Bandara Ini Berbenah untuk Sambut Asian Games - Kompas.com

Tiga Bandara Ini Berbenah untuk Sambut Asian Games

Kompas.com - 05/07/2018, 13:49 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3, 2018.Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta Terminal 3, 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) mempersiapkan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, dan Bandara Husein Sastranegara di Bandung, untuk dilengkapi dengan berbagai keperluan dalam rangka menyambut Asian Games 2018.

Ketiga bandara tersebut difokuskan pembenahannya oleh AP II karena menjadi gerbang masuk para peserta, serta dekat dengan lokasi venue sejumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

"Untuk persiapan Asian Games, kami punya konsep yang diberi nama ACTIF, yaitu Airport capacity, Communication, Traffic routes, Infrastructure, dan Facility," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin melalui keterangan tertulis, Kamis (5/7/2018).

Awaluddin menjelaskan, airport capacity maksudnya menambah kapasitas di area bandara agar dapat menunjang mobilitas para peserta dan pihak terkait lainnya selama perhelatan Asian Games. Sementara untuk communication, diwujudkan dengan sosialisasi serta branding informasi dan hal seputar Asian Games di wilayah bandara.

Dalam hal traffic routes, pengelola bandara bekerja sama dengan maskapai serta biro travel dan pariwisata untuk promosi daerah-daerah pariwisata di Indonesia. Sedangkan mengenai infrastructure, AP II menambah sarana dan prasarana untuk peningkatan pelayanan penumpang.

"Kemudian facility berarti menyiapkan fasilitas berbasis digital untuk melayani penumpang selama berada di bandara," tutur Awaluddin.

Selain di tiga bandara tersebut, AP II juga ikut memeriahkan gelaran Asian Games di Bandara Banyuwangi dengan mengadakan fun walk. Fun walk ini mengikutsertakan ribuan masyarakat di wilayah Jawa Timur sekaligus sebagai salah satu kabupaten yang akan disinggahi torch relay, bermula dari Provinsi Aceh hingga Papua.



Close Ads X