Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo IV Siap Uji Coba Operasional Makassar New Port Oktober 2018

Kompas.com - 06/07/2018, 10:01 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) (Persero) Doso Agung mengonfirmasi bahwa uji coba operasionalisasi Makassar New Port akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Sementara untuk operasional secara penuh bakal dilakukan Pelindo IV pada Desember 2018.

"Oktober ini kita selesai tetapi mesti running uji coba segala macam, soft launching. Untuk running fullnya Desember," terang Doso di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (5/7/2018).

Adapun kini progres pembangunan Makassar New Port disebut Doso telah menyentuh angka 70 persen. Dia pun optimis jika nantinya Makassar New Port bisa memuat kapasitas hingga 3 juta TEUs.

Untuk itu, Pelindo IV mencatatkan obligasi senilai Rp 3 triliun di BEI dengan tujuan memberikan tambahan pembiayaan bagi pembangunan Makassar New Port.

Selain untuk Makassar New Port, obligasi itu juga akan digunakan untuk membiayai tiga pelabuhan lainnya.

"Obligasi fokus pada 4 pelabuhan, yakni Makassar New Port, Kendari New Port, kemudian Terminal Peti Kemas Bitung, dan Pelabuhan Patoloan-Palu. Empat pelabuhan ini akan jadi pelabuhan penyangga di kawasan Timur Indonesia untuk ekspor impor maupun kegiatan antar pulau," jelas Doso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com