Pelindo IV Siap Uji Coba Operasional Makassar New Port Oktober 2018

Kompas.com - 06/07/2018, 10:01 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno (kiri) didampingi Dirut Pelindo IV Doso Agung (kanan) meninjau lokasi proyek pembangunan Makassar New Port di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/1). Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakini proyek Makassar New Port (MNP) akan segera rampung pada Oktober 2018 atau lebih cepat dari jadwal semula yang ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/aww/18. ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANGMenteri BUMN Rini Soemarno (kiri) didampingi Dirut Pelindo IV Doso Agung (kanan) meninjau lokasi proyek pembangunan Makassar New Port di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/1). Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meyakini proyek Makassar New Port (MNP) akan segera rampung pada Oktober 2018 atau lebih cepat dari jadwal semula yang ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang/aww/18.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) (Persero) Doso Agung mengonfirmasi bahwa uji coba operasionalisasi Makassar New Port akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Sementara untuk operasional secara penuh bakal dilakukan Pelindo IV pada Desember 2018.

"Oktober ini kita selesai tetapi mesti running uji coba segala macam, soft launching. Untuk running fullnya Desember," terang Doso di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (5/7/2018).

Adapun kini progres pembangunan Makassar New Port disebut Doso telah menyentuh angka 70 persen. Dia pun optimis jika nantinya Makassar New Port bisa memuat kapasitas hingga 3 juta TEUs.

Untuk itu, Pelindo IV mencatatkan obligasi senilai Rp 3 triliun di BEI dengan tujuan memberikan tambahan pembiayaan bagi pembangunan Makassar New Port.

Selain untuk Makassar New Port, obligasi itu juga akan digunakan untuk membiayai tiga pelabuhan lainnya.

"Obligasi fokus pada 4 pelabuhan, yakni Makassar New Port, Kendari New Port, kemudian Terminal Peti Kemas Bitung, dan Pelabuhan Patoloan-Palu. Empat pelabuhan ini akan jadi pelabuhan penyangga di kawasan Timur Indonesia untuk ekspor impor maupun kegiatan antar pulau," jelas Doso.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X