Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Jadi Bank Kustodian untuk Taspen

Kompas.com - 06/07/2018, 15:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

 
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Taspen (Persero) menyepakati kerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank untuk melayani jasa kustodian.

Dengan adanya kerja sama ini, Taspen bisa menitipkan surat-surat berharganya kepada BRI sebagai bank kustodian. 

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro dan Direktur Utama BRI Suprajarto. Kerja sama ini juga sebagai sinergi BUMN antara Taspen dengan BRI.

"Kalau kita beli surat berharga maka tata kelolanya oleh BRI, ada unit di divisi kustodiannya per 1 Agustus 2018," kata Iqbal dalam pernyataannya, Jumat (6/7/2018).

Baca juga: BRI Akan Stock Split dengan Rasio 1:5

Melalui kerja sama ini, Taspen akan memindahkan Rp 41 triliun efeknya di Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian kepada BRI.

Selanjutnya, hingga akhir tahun 2018 ditargetkan Rp 71 triliun yang dipindah sampai jatuh tempo pada Desember 2018.

"Jadi tata kelola lebih bagus, tentu dalam admisitrasi, kontrol, itu kami dibantu oleh BRI dalam hal ini divisi kustodian sehingga menghindari human error, keterlambatan layanan, menghindari dokumentasi yang tidak baik," jelas Iqbal.

Pada kesempatan yang sama, Suprajarto menyatakan, BRI tak hanya menjadi bank kustodian bagi Taspen. BRI juga akan menawarkan berbagai inovasi teknologi yang dimiliki.

Baca juga: Satelit BRI Sudah Terkoneksi dengan 10.000 Jaringan Kerja

"Seperti pemanfaatan satelit BRI dan agen-agen BRILink yang tersebar di seluruh wilayah," imbuh Suprajarto.

Sebelumnya pada Maret 2018 lalu, Taspen dan BRI juga telah menyepakati perjanjian kerja sama tentang pembayaran tabungan hari tua, pensiun, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian melalui rekening bank. Sebab, ada sekitar 891.000 nasabah BRI merupakan peserta Taspen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com