Kompas.com - 06/07/2018, 15:08 WIB

 
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Taspen (Persero) menyepakati kerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank untuk melayani jasa kustodian.

Dengan adanya kerja sama ini, Taspen bisa menitipkan surat-surat berharganya kepada BRI sebagai bank kustodian. 

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro dan Direktur Utama BRI Suprajarto. Kerja sama ini juga sebagai sinergi BUMN antara Taspen dengan BRI.

"Kalau kita beli surat berharga maka tata kelolanya oleh BRI, ada unit di divisi kustodiannya per 1 Agustus 2018," kata Iqbal dalam pernyataannya, Jumat (6/7/2018).

Baca juga: BRI Akan Stock Split dengan Rasio 1:5

Melalui kerja sama ini, Taspen akan memindahkan Rp 41 triliun efeknya di Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian kepada BRI.

Selanjutnya, hingga akhir tahun 2018 ditargetkan Rp 71 triliun yang dipindah sampai jatuh tempo pada Desember 2018.

"Jadi tata kelola lebih bagus, tentu dalam admisitrasi, kontrol, itu kami dibantu oleh BRI dalam hal ini divisi kustodian sehingga menghindari human error, keterlambatan layanan, menghindari dokumentasi yang tidak baik," jelas Iqbal.

Pada kesempatan yang sama, Suprajarto menyatakan, BRI tak hanya menjadi bank kustodian bagi Taspen. BRI juga akan menawarkan berbagai inovasi teknologi yang dimiliki.

Baca juga: Satelit BRI Sudah Terkoneksi dengan 10.000 Jaringan Kerja

"Seperti pemanfaatan satelit BRI dan agen-agen BRILink yang tersebar di seluruh wilayah," imbuh Suprajarto.

Sebelumnya pada Maret 2018 lalu, Taspen dan BRI juga telah menyepakati perjanjian kerja sama tentang pembayaran tabungan hari tua, pensiun, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian melalui rekening bank. Sebab, ada sekitar 891.000 nasabah BRI merupakan peserta Taspen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.