Mudik 2018 Lancar, Menhub Beri Penghargaan untuk "Stakeholder" - Kompas.com

Mudik 2018 Lancar, Menhub Beri Penghargaan untuk "Stakeholder"

Kompas.com - 06/07/2018, 22:45 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi selepas memberikan penghargaan bagi pihak-pihak yang menyukseskan mudik Lebaran 2018 di Gedung Lemhanas RI, Jakarta, Jumat (6/7/2018).KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKO Menhub Budi Karya Sumadi selepas memberikan penghargaan bagi pihak-pihak yang menyukseskan mudik Lebaran 2018 di Gedung Lemhanas RI, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan penghargaan ke sejumlah pihak sebagai apresiasi atas kontribusi terhadap kesuksesan penyelenggaraan mudik tahun ini.

Budi Karya mengucapkan terima kasih atas kinerja korporasi, kementerian/lembaga (K/L), dan media selama arus mudik dan balik kemarin.

"Bapak Presiden secara khusus meminta mudik tahun ini untuk mudik bahagia dan Alhamdulillah berkat dukungan bapak ibu sekalian kita bisa mewujudkan amanah dari Bapak Presiden," ucap Budi Karya di Gedung Lemhanas RI, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Kepada media, Budi Karya secara khusus menyampaikan rasa terima kasihnya. Pasalnya, menurut dia, media telah berperan penting dalam sosialisasi segala kebijakan yang dikeluarkan untuk memperlancar arus mudik dan balik.

Baca juga: Arus Mudik Lebaran Lancar, Luhut Sindir Pihak Tertentu

"Tanpa media semua ini tidak akan terjadi. Dengan segala coverage-nya dan menyampaikan komunikasi misalnya dari Pak Arie (Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR) yang bilang kalau satu jalan sudah selesai itu jadi ada di semua media," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Budi Karya juga memuji kebijakan Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa dan Menko PMK Puan Maharani.

Bagi Budi Karya, kebijakan satu arah hingga Cikampek saat arus balik yang lalu adalah langkah cerdas.

"Satu arah sepanjang 287 kilometer. Mungkin itu yang pertama di dunia ya," kata Budi Karya sambil tertawa.

Baca juga: Atasi Kepadatan di Tol Cikampek, Berlaku Contraflow

Sementara itu, untuk Puan, Budi Karya berterima kasih atas kebijakan libur panjang yang ditetapkannya jelang Lebaran kemarin.

"Ibu Puan saya cium tangannya karena memberikan libur panjang sehingga kami bisa siapkan mudik secara maksimal," kata dia.

Keberhasilan mudik tahun ini pun tercermin dalam beberapa indikator seperti menurunnya waktu tempuh perjalanan, meningkatnya kecepatan, menurunnya angka kecelakaan, dan juga turunnya angka pemudik yang menggunakan motor.

" Mudik tahun ini tercatat waktu tempuh lebih baik seperti Jakarta-Semarang 10 jam, Jakarta-Solo 12 jam, dan Jakarta-Surabaya 14 jam. Ini menurut 50 persen dari tahun-tahun sebelumnya. Kecepatan naik, kemudian kepadatan motor turun 42 persen. Ini semua angka yang menunjukkan kinerja kita baik sehingga perlu menjaga agar bisa lebig baik ke depannya," kata dia.

Caption: Menhub Budi Karya Sumadi selepas memberikan penghargaan bagi pihak-pihak yang menyukseskan mudik Lebaran 2018 di Gedung Lemhanas RI, Jakarta, Jumat (6/7/2018).



Close Ads X