Tips agar Keuangan Aman Saat Tinggal di Luar Negeri - Kompas.com

Tips agar Keuangan Aman Saat Tinggal di Luar Negeri

Kompas.com - 07/07/2018, 11:04 WIB
Ilustrasi kuliah di BelandaJacob Ammentorp Lund Ilustrasi kuliah di Belanda

Tinggal di luar negeri bukanlah hal yang mudah, karena tentunya akan jauh dari keluarga dan teman yang ada di negara asal. Untuk itu, agar semuanya bisa berjalan lancar tanpa gangguan keuangan, Anda perlu mengaturnya dengan baik.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara mengatur keuangan yang baik agar keuangan Anda tetap aman selama berada di luar negeri.

1. Rajin Mencatat Semua Kebutuhan

Buatlah catatan kebutuhan Anda dan rajinlah mencatatnya. Prioritaskan memenuhi kebutuhan, bukan melakukan kesalahan dengan membeli barang yang tidak penting. Anda juga harus tahu kebutuhan seperti apa yang wajib di penuhi, misalnya untuk kebutuhan makan, kemudian membayar tagihan dalam bentuk apapun, serta mendahulukan kebutuhan utama lainnya.

Jangan memberi sela perasaan atau pikiran yang konsumtif untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Sebab hal ini tidak akan membuat Anda tenang di hari berikutnya atau bahkan membuat tekor.

2. Buatlah Anggaran Mingguan

Buatlah anggaran mingguan, atau hal ini juga bisa Anda lakukan setiap dua minggu sekali. Anggaran mingguan bisa berupa pengeluaran dalam urusan kebutuhan yang bisa dianggarkan setiap minggu sekali atau lebih. Anda bisa membuat anggaran ini dengan cara yang tepat dan tentunya cermat dalam memasukkan barang apa yang akan di jadikan dalam bagian daftar anggaran setiap minggunya.

3. Membuat Tabungan Khusus

Buatlah tabungan khusus untuk membeli barang yang mungkin Anda inginkan. Selain itu menabung juga bisa dilakukan untuk membeli tiket mudik ke kampung halaman. Artinya pisahkan antara tabungan khusus untuk memenuhi keinginan dan tabungan yang memang untuk investasii jangka panjang.

Menabung memang bukanlah hal yang mudah, namun pasti semua orang bisa melakukannya dengan baik jika ada kemauan. Misalnya saja Anda menabung sebesar 5 dollar AS hingga 10 dollar AS setiap minggunya. Dengan menabung tentu kehidupan selama di luar negeri akan lumayan terjamin.

4. Punya Asuransi Kesehatan

Setiap orang pasti tidak ada yang menginginkan sakit. Tapi siapa pun juga tidak bisa menduga ketika tiba-tiba jatuh sakit. Anda sakit mendadak, pasti membutuhkan perawatan atau konsultasi dengan dokter serta obat. Untuk itu, memiliki asuransi kesehatan ini sangat diperlukan agar tenang selama hidup di luar negeri sana.

5. Jangan Malas Memasak Sendiri

Tentu tidak asing lagi jika harga makanan olahan lebih mahal ketimbang memasaknya sendiri, apalagi di luar negeri. Sementara makan adalah kebutuhan utama. Untuk itu, Anda harus bisa menyiasatinya dengan memasak sendiri.

Nah, cara ini bisa Anda lakukan untuk berhemat, meski uang saku atau gaji Anda cukup untuk membeli makanan. Namun akan jauh lebih baik jika uangnya ditabung dan digunakan untuk membeli bahan makanan yang tentu harganya lebih murah dari masakan yang sudah jadi.

Dengan memasak sendiri ketika berada di luar negeri, akan membuat Anda jauh lebih hemat dan bisa menabung dengan jumlah yang lebih banyak, bukan?

6. Menjaga Komitmen

Komitmen akan melakukan segala yang sudah direncanakan dalam hal keuangan di mana pun berada menjadi suatu keharusan, terutama bagi Anda yang akan tinggal di luar negeri. Buatlah komitmen dan kedisiplinan yang kuat untuk diri Anda agar bisa bertahan hidup di luar negeri dengan cara yang baik serta benar atau lebih tepatnya bisa membuat Anda nyaman.

Buatlah komitmen yang baik dalam segala hal yang menyangkut kehidupan, misalnya saja komitmen untuk disiplin dalam mengatur keuangan atau pengeluaran. Mendahulukan kebutuhan sebelum keinginan.

7. Pendapatan Tambahan

Tentu saja dengan pendapatan yang lebih, maka akan semakin membuat keuangan Anda aman bila tetap disertai dengan manajemen keuangan yang bagus. Anda bisa mencari pendapatan tambahan dari berbisnis, misalnya. Asalkan usaha Anda itu tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku di sana dan sesuai dengan prosedur yang ada.

Jika Anda ingin membangun bisnis di negeri orang, maka perhatikan bagaimana pasar dan sistem bisnis yang ada di negera tersebut. Misalnya saja dengan membuat bisnis kecil untuk makanan, Anda bisa menggunakan truk sebagai kedai Anda atau biasa disebut foodtruck, maupun menjual berbagai kerajinan tangan.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas isi dalam artikel tersebut.



Close Ads X