Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Keuangan Aman Saat Tinggal di Luar Negeri

Kompas.com - 07/07/2018, 11:04 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Tinggal di luar negeri bukanlah hal yang mudah, karena tentunya akan jauh dari keluarga dan teman yang ada di negara asal. Untuk itu, agar semuanya bisa berjalan lancar tanpa gangguan keuangan, Anda perlu mengaturnya dengan baik.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara mengatur keuangan yang baik agar keuangan Anda tetap aman selama berada di luar negeri.

1. Rajin Mencatat Semua Kebutuhan

Buatlah catatan kebutuhan Anda dan rajinlah mencatatnya. Prioritaskan memenuhi kebutuhan, bukan melakukan kesalahan dengan membeli barang yang tidak penting. Anda juga harus tahu kebutuhan seperti apa yang wajib di penuhi, misalnya untuk kebutuhan makan, kemudian membayar tagihan dalam bentuk apapun, serta mendahulukan kebutuhan utama lainnya.

Jangan memberi sela perasaan atau pikiran yang konsumtif untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Sebab hal ini tidak akan membuat Anda tenang di hari berikutnya atau bahkan membuat tekor.

2. Buatlah Anggaran Mingguan

Buatlah anggaran mingguan, atau hal ini juga bisa Anda lakukan setiap dua minggu sekali. Anggaran mingguan bisa berupa pengeluaran dalam urusan kebutuhan yang bisa dianggarkan setiap minggu sekali atau lebih. Anda bisa membuat anggaran ini dengan cara yang tepat dan tentunya cermat dalam memasukkan barang apa yang akan di jadikan dalam bagian daftar anggaran setiap minggunya.

3. Membuat Tabungan Khusus

Buatlah tabungan khusus untuk membeli barang yang mungkin Anda inginkan. Selain itu menabung juga bisa dilakukan untuk membeli tiket mudik ke kampung halaman. Artinya pisahkan antara tabungan khusus untuk memenuhi keinginan dan tabungan yang memang untuk investasii jangka panjang.

Menabung memang bukanlah hal yang mudah, namun pasti semua orang bisa melakukannya dengan baik jika ada kemauan. Misalnya saja Anda menabung sebesar 5 dollar AS hingga 10 dollar AS setiap minggunya. Dengan menabung tentu kehidupan selama di luar negeri akan lumayan terjamin.

4. Punya Asuransi Kesehatan

Setiap orang pasti tidak ada yang menginginkan sakit. Tapi siapa pun juga tidak bisa menduga ketika tiba-tiba jatuh sakit. Anda sakit mendadak, pasti membutuhkan perawatan atau konsultasi dengan dokter serta obat. Untuk itu, memiliki asuransi kesehatan ini sangat diperlukan agar tenang selama hidup di luar negeri sana.

5. Jangan Malas Memasak Sendiri

Tentu tidak asing lagi jika harga makanan olahan lebih mahal ketimbang memasaknya sendiri, apalagi di luar negeri. Sementara makan adalah kebutuhan utama. Untuk itu, Anda harus bisa menyiasatinya dengan memasak sendiri.

Nah, cara ini bisa Anda lakukan untuk berhemat, meski uang saku atau gaji Anda cukup untuk membeli makanan. Namun akan jauh lebih baik jika uangnya ditabung dan digunakan untuk membeli bahan makanan yang tentu harganya lebih murah dari masakan yang sudah jadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com