Tanggapi Isu Perang Dagang, Ini Kata Dirut BCA

Kompas.com - 10/07/2018, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Cental Asia Tbk (BCA) Jahja Setiadmadja beranggapan, perang dagang (trade war) tidak akan berdampak langsung terhadap kondisi perbankan di Indonesia.

Menurut dia, dampak perang dagang akan terasa jika jumlah permintaan terhadap komoditas-komoditas ekspor yang menjadi andalan Indonesia menurun akibat negara tujuan ekspor menurunkan kapasitan produksi mereka.

"Impact-nya tidak langsung. Misalnya China turun produksi lokalnya itu permintaan batu bara, besi, bisa turun. Dulu harganya bagus, naik, sekarang turun lagi. Ekspor terkena lagi, daya beli di masyarakat juga terkena. Tenaga kerja juga terkena. Kita tentu khawatir," ujar Jahja ketika memberikan penjelasan kepada awak media di Menara BCA, Senin (9/7/2018).

Perang dagang pun juga tidak akan berpengaruh terhadap kredit macet (non performing loan/npl) perbankan di Indonesia. Meski memang, risiko perusahaan-perusahaan yang akan mengalami gagal bayar pasti ada.

"Menurut saya kalau kita mengikuti perkembangan baik-baik, NPL nggak akan terlalu gimana. Bahwa akan ada 1 atau 2 perusahaan yang gagal bayar itu normal," jelas dia.

Dirinya melanjutkan, perang dagang terjadi lantaran kondisi perekonomian Amerika Serikat (AS) saat ini sedang sehat-sehatnya. Meskipun AS sendiri telah menaikkan suku bunga hingga 1 persen dari basis 1,25 persen tahun ini.

"Sekarang lagi bagus-bagusnya makannya Trump berani trade war lawan China," tukas Jahja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.