PLN: Bocornya Pipa Gas di Banten Turunkan Daya Listrik di Cilegon

Kompas.com - 10/07/2018, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) mengakui ada penurunan daya imbas dari bocornya pipa gas di ujung Pulau Panjang Bojonegara, Serang, Banten pada Senin (9/7/2018).

Kepala Divisi Operasi Regional PLN Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB) Bima Putrajaya mengakui bahwa meski ada penurunan, hal tersebut tak sampai membuat listrik di Cilegon dan sekitarnya padam.

"Semalam untuk penurunan yang di Cilegon ini kira-kira 350 megawatt (MW), tapi cadangan yang ada di Jawa ini 530 MW jadi masih cukup dengan keluarnya (penurunan) itu," kata Bima di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Sementara itu, General Manager PLN TJBB Trino Erwin menyatakan bahwa peristiwa kebocoran pipa gas itu secara umum tak berdampak sama sekali pada kinerja PLN.

Baca juga: Pipa Gas Bocor, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Amankan Alur Pelayaran di Banten

"Tidak berdampak karena sistem Jawa-Bali ini terinterkoneksi, jadi pembangkit itu ada di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat. Tidak berpengaruh, tidak ada pemadaman," kata Trino.

Menurut dia, reserve margin atau cadangan daya yang dimiliki PLN TJBB masih cukup dan menjadi faktor penting dalam penanganan peristiwa tersebut.

"Reserve margin kita masih aman karena ada di atas 30 persen," ujar Trino.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.