Ini PR Kepala Daerah Terpilih untuk Atasi Ketimpangan di Daerah

Kompas.com - 10/07/2018, 15:34 WIB
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat membuka IDF 2018 di Jakarta, Selasa (10/7/2018). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAMenteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro saat membuka IDF 2018 di Jakarta, Selasa (10/7/2018).


JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala daerah terpilih yang baru menjalani Pilkada serentak Juni 2018 lalu memiliki pekerjaan rumah yang tak mudah.

Salah satunya, beban mengangkat daerahnya dari kesenjangan sosial, ekonomi, maupun pembangunan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pasca-Pilkada menjadi momentum yang baik untuk menyusun program perbaikan di daerah masing-masing.

"Setiap pemenangnya harus menyiapkan pembangunan jangka menengah dari daerahnya untuk lima tahun," ujar Bambang saat meresmikan Indonesia Development Forum 2018, Selasa (10/7/2018).

Baca juga: IDF Jadi Ajang Berbagi Strategi Memajukan Potensi Daerah

Ia berharap rencana yang disusun adalah yang terbaik bagi daerah tersebut karena implementasi program tidak bisa dipukul rata.

Setiap daerah, imbuh Bambang, memiliki kondisi demografi berbeda sehingga penanganannya juga harus disesuaikan.

Untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, RPJMN bisa menjadi referensi asalkan poin-poinnya bisa diaplikasikan di daerah tersebut.

Para kepala daerah terpilih juga bisa melihat inovasi di daerah lain untuk dijadikan rujukan.

Baca juga: Bappenas Jawab Ketimpangan Daerah dengan Indonesia Development Forum

Oleh karena itu, dalam Indonesia Development Forum 2018 ini, perwakilan pemerintah daerah masing-masing akan memaparkan inovasi di daerah masing-masing agar pembangunan dan perekonomian bertumbuh.

"Kita mau semua ide yang dibicarakan dan dishare bisa dijalankan di daerah masing-masing. Kita harapkan ide bagus, praktik baik yang sudah berlangsung, mudah-mudahan bisa jadi referensi kepala daerah yang baru terpilih untuk diterapkan di daerahnya," kata dia

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X