Samsung Resmikan Pabrik Ponsel Raksasa di India - Kompas.com

Samsung Resmikan Pabrik Ponsel Raksasa di India

Kompas.com - 10/07/2018, 20:17 WIB
Pabrik SamsungSamsung Pabrik Samsung

NEW DELHI, KOMPAS.com - Raksasa elektronik asal Korea Selatan Samsung meresmikan pabrik telepon seluler (ponsel) yang digadang-gadang merupakan yang terbesar di India.

Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Perdana Menteri India Narendra Modi membuka secara resmi pabrik yang terletak di kawasan Nodia pada Senin (9/7/2018).

Dibangun di atas lahan seluar 32 hektar di samping pabrik asli Samsung di India, pabrik tersebut dapat menggandakan jumlah produksi ponsel dari 68 juta pertahun pada 2018 ini menjadi 120 juta pada 2020 mendatang.

CEO Samsung INdia HC Hing mengatakan, pabrik yang baru diresmikan merupakan simbol dari kuatnya komitmen Samsung sebagai salah satu contoh sukses dari program Make in India milik pemerintah.

Baca juga: Pasaran Smartphone Menurun, Samsung Tetap Meraja

Sebagai informasi, sejak 6 bulan lalu, Samsung merupakan perusahaan ponsel dengan jumlah penjualan tertinggi di India. Namun, posisi ini telah diambil alih oleh Xiaomi.

Sebelumnya, Samsung juga sempat mengumumkan rencana ekspansi bisnisnya sebagai salah satu bagian dari investasi senilai 715 miliar dollar AS di India.

Samsung berharap, ponsel yang diproduksi oleh pabrik baru dapat terjual di dalam negeri, serta pasar internasional.


"Kami percaya dengan teknologi Korea dan manufaktur India, kami dapat memproduksi produk terbaik yang ada di dunia," ujar Perdana Menteri Modi.

Saat ini, India memiliki lebih dari 300 juta pengguna ponsel. Jumlah ini membuat India menjadi pangsa pasar ponsel terbesar kedua setelah China.

Komentar
Close Ads X