Menhub Dorong Swasta Kolaborasi Bangun Bandara dan Pelabuhan - Kompas.com

Menhub Dorong Swasta Kolaborasi Bangun Bandara dan Pelabuhan

Kompas.com - 12/07/2018, 16:23 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantornya, Kamis (12/7/2018).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantornya, Kamis (12/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendorong pihak swasta untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam membangun pelabuhan dan bandara di Indonesia.

"Secara sistematis Kemenhub memberikan kesempatan kepada swasta mengembangkan pelabuhan, bandara-bandara, juga untuk membangun infrastruktur," ujar Budi di kantornya, Kamis (12/7/2018).

Budi menambahkan, pemerintah perlu berkolaborasi dengan swasta untuk membangun infrastruktur.

Dengan bekerja sama dengan swasta akan menghemat anggaran pemerintah pusat maupun daerah dalam mengembangkan pembangunan.

Baca juga: Pemerintah Akan Bangun 10 Bandara Baru

"Swasta dibutuhkan suatu kolaborasi dengan pemerintah agar dana pemerintah yang dialokasikan kepada Kemenhub bisa digunaan untuk membangun pelabuhan di ujung-ujung," kata Budi.

Sebelumnya, Budi mengatakan, anggaran Kementerian Perhubungan untuk pembangunan tersebut dalam lima tahun tak lebih dari Rp 500 triliun.

Sementara itu untuk mengoptimalkan konektivitas Indonesia sebagai negara kepulauan, butuh dana hingga empat kali lipat dari itu.



Close Ads X