Jumlah Lowongan Kerja Formal Tumbuh 19,2 Persen

Kompas.com - 13/07/2018, 07:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa lowongan kerja formal pada kuartal-II 2018 mengalami pertumbuhan dengan rerata 19,2 persen year on year (yoy).

Angka tersebut lebih tinggi 0,5 persen dari triwulan sebelumnya yang hanya 18,7 persen yoy. Pada Juni 2018 saja, lowongan pekerjaan itu tumbuh sebesar 18,2 persen.

Pertumbuhan angka lowongan pekerjaan formal ini terjadi pada beberapa sektor usaha seperti perdagangan besar dan eceran, pertambangan dan penggalian, jasa keuangan dan asuransi, penyediaan akomodasi, makanan, dan minuman, serta jasa konstruksi.

"Jumlah tenaga kerja, pada kuartal I banyak yang mengatakan ada pengurangan, sehingga hasilnya negatif. Tapi pada kuartal II ini ada penambahan tenaga kerja, misalnya di pertanian 0,87 persen. Perdagangan, hotel, dan restoran 1,54 persen, dan jasa-jasa 0,93 persen. Yang turun adalah industri pengolahan -0,02 persen," ucap Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI Yati Kurniati, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Adapun data terkait pertumbuhan lowongan pekerjaan tersebut diperoleh BI melalui pengumpulan data lowongan kerjaan online maupun konvensional seperti di media cetak.

Data di medium tersebut ditarik BI untuk kemudian dibandingkan antar triwulan.

"Seluruh lowongan pekerjaan yang ditawarkan baik secara online, maupun di koran-koran di seluruh Indonesia ini kami cari datanya dan duplikasi. Bahwa ini di kuartal II arahnya mulai membaik ini lowongannya," tandas Yati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.