Gubernur BI: "Confidence" Investor Asing Berinvestasi di Indonesia Cukup Kuat - Kompas.com

Gubernur BI: "Confidence" Investor Asing Berinvestasi di Indonesia Cukup Kuat

Kompas.com - 13/07/2018, 17:37 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo usai rapat dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (11/7/2018).KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo usai rapat dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (11/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia mencatat arus dana asing yang masuk ke pasar Surat Berharga Negara ( SBN) dalam kurun 2 hingga 12 Juli 2018 sebesar Rp 7,1 triliun. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, umumnya inflow tersebut berjangka panjang yakni di atas sepuluh tahun.

"Ini menunjukkan bahwa confidence pasar, confidence investor asing untuk berinvestasi di pasar Indonesia khususnya di pasar SBN itu cukup kuat," ujar Perry di kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Arus masuk tersebut menambah pasokan ke pasar valas sehingga suplainya cukup memenuhi permintaan yang ada.

Perry mengatakan, nilai tukar rupiah pun relatif stabil, bahkan cenderung menguat. Menurut dia, hal tersebut merupakan buah berbagai kebijakan pemerintah dan BI untuk memperkuat kepercayaan diri investor terhadap pasar SBN Indonesia.

Baca juga: Ekonomi Indonesia Baik, Bank Indonesia Fokus Hadapi Faktor Eksternal

"BI akan terus berkomitmen menggunakan seluruh instrumen yang kita miliki, yang berfokus kebijakan moneter kami adalah menjaga stabilitas ekonomi khususnya stabilitas nilai tukar rupiah," kata Perry.

Perry mengatakan, suplai dollar AS dari korporasi rata-rata 500 juta-600 juta dollar AS per hari. Hal ini membuat eksportir juga percaya diri menyuplai kebutuhan di pasar balas yang berdampak pada penguatan stabilitas nilai tukar rupiah.

"Saat ini kami sampaikan pada pihak dunia usaha untuk memenuhi kebutuhan dollarnya tidak perlu merasa tidak ada, karena suplai dollar itu ada," kata Perry.


Komentar
Close Ads X