Badan Informasi Geospasial Mulai Petakan Lokasi Alternatif Ibu Kota Negara - Kompas.com

Badan Informasi Geospasial Mulai Petakan Lokasi Alternatif Ibu Kota Negara

Kompas.com - 14/07/2018, 15:36 WIB
Warga Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menikmati senja di kafe tepi Sungai Kahayan, Jumat (10/4/2015). Keindahan alam, termasuk potensi wisata susur sungai, menjadi salah satu potensi wisata Palangkaraya. Namun, pengelolaan potensi itu belum optimal.KOMPAS/MEGANDIKA WICAKSONO Warga Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menikmati senja di kafe tepi Sungai Kahayan, Jumat (10/4/2015). Keindahan alam, termasuk potensi wisata susur sungai, menjadi salah satu potensi wisata Palangkaraya. Namun, pengelolaan potensi itu belum optimal.

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Badan Informasi Geospasial mulai Juli hingga Desember 2018 melakukan pemetaan lahan di Kalimantan Tengah, salah satu provinsi alternatif lokasi ibu kota Negara Indonesia yang akan dipindahkan dari DKI Jakarta.

Mengutip Antaranews, Sabtu (14/7/2018), Pejabat Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan pemetaan ini diketahui setelah BIG melapor dan meminta data lahan mana saja yang dipersiapkan untuk menjadi lokasi ibu kota Negara Indonesia.

"Hasil dari pemetaan tersebut akan menjadi prioritas pembangunan nasional di Provinsi Kalteng. BIG melakukan pemetaan karena memang diminta Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)," ucapnya, Jumat (13/7/2018).

Baca: Menteri Agraria: Calon Ibu Kota Baru Harus Bebas Banjir

Pria yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalteng ini menyebut, adanya pemetaan tersebut membuktikan bahwa Pemerintah pusat telah mempersiapkan berbagai langkah terkait wacana perpindahan ibu kota Indonesia.

Sebelumnya, Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pada awal tahun ini mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang masuk pada tahap pembahasan fokus pada lokasi untuk rencana perpindahan Ibu Kota.

Dari perkembangan sebelumnya, Bambang menyebut hampir merampungkan kajian rencana tersebut untuk diperlihatkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Lagi membahas mengenai kriteria lokasi dan kandidat lokasi," kata Bambang saat ditemui di kantornya, Selasa (9/1/2018).


Bambang menjelaskan, dia belum bisa menyebutkan lokasi mana saja yang tengah dibahas untuk dijadikan Ibu Kota nantinya. Namun, yang pasti rencana tersebut terus berjalan dan kini beberapa kandidat tempat untuk pemindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta sedang dibahas secara keseluruhan.

Ketika ditanya soal kemungkinan Palangkaraya, Kalimantan Tengah, yang akan dijadikan lokasi Ibu Kota baru, Bambang belum memastikan hal tersebut.

Komentar
Close Ads X