Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Segera Luncurkan Nomor "Contact Center" Baru 157

Kompas.com - 14/07/2018, 17:32 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

SEMARANG, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan meluncurkan secara resmi contact center konsumen jasa keuangan, dari 1500655 menjadi 157.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan perubahan nomor tersebut untuk mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar produk jasa keuangan dan hal-hal terkait.

Adapun nomor contact center yang lama dinilai terlalu panjang dan tidak mudah diingat masyarakat. OJK sebenarnya telah melakukan soft launching contact center 157 pada awal tahun ini. Namun peluncuran resminya akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan.

"Ini dalam rangka rebranding, termasuk revitalisasi petugas contact center dari 20 line menjadi 60 line untuk melayani masyarakat yang ingin mendapatkan informasi soal produk industri keuangan. Kami akan segera melakukan sosialisasi," ujarnya dalam diskusi bersama jurnalis, Sabtu (14/7/2018).

Menurut Tirta, perubahan contact center menjadi 157 terbukti efektif. Hal ini terlihat dari naiknya jumlah penelpon yang dilayani selama periode soft launching.

Saat menggunakan nomor 1500655, jumlah penelpon yang menghubungi contact center dalam satu bulan rata-rata antara 1.700-1.800 penelpon. Saat nomor tersebut diganti menjadi 157, jumlah yang dilayani contact center dalam sebulan mencapai rata-rata 4.000 penelpon.

Dari para penelpon tersebut, terbanyak masih berupa permintaan informasi debitur dari perusahaan jasa keuangan dengan porsi mencapai 72 persen. Kemudian disusul oleh permintaan informasi seputar legalitas perusahaan jasa keuangan beserta produknya (12 persen).

Posisi ketiga yakni terkait dengan edukasi produk/layanan jasa keuangan (8 persen), prosedur pengaduan ke OJK (5 persen) dan perizinan usaha dan produk jasa keuangan (3 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com