Empat Tahun Jadi Menteri, Susi Tenggelamkan 363 Kapal Asing

Kompas.com - 15/07/2018, 16:29 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di atas Kapal Pengawas Perikanan yang bersandar di Pelabuhan SKPT Selat Lampa, Senin (29/1/2018) Yoga Hastyadi WidiartantoMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di atas Kapal Pengawas Perikanan yang bersandar di Pelabuhan SKPT Selat Lampa, Senin (29/1/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terus beraksi menenggalamkan kapal-kapal asing yang mengambil ikan di perairan Indonesia.

Terhitung selama empat tahun sejak didapuk menjadi menteri, Susi telah menenggelamkan lebih dari 300 kapal asing yang terindikasi melakukan illegal fishing.

"Illegal fishing masih jadi masalah yang perlu diselesaikan. Sampai saat ini sudah ada 363 kapal asing yang kami tenggelamkan," kata Susi saat mendeklarasikan organisasi Pandu Laut Nusantara, di area car free day (CFD) Bundaran HI, Jakarta, Minggu (15/7/2018).

Susi menambahkan bahwa saat ini persoalan ilegal fishing masih menghantui sektor kelautan Indonesia. Oleh karenanya, Susi meminta peran serta masyarakat untuk terus menjaga kelestarian laut Indonesia.

Baca juga: Menteri Susi Deklarasikan Pandu Laut Nusantara

Di sisi lain, Susi juga menyayangkan masih banyaknya nelayan dalam negeri yang menggunakan peledak untuk mendapatkan ikan.

Dia pun meminta para nelayan untuk berhenti melakukan hal tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Masih banyak itu nelayan pakai dinamit ambil ikan hias, kemudian lebih parah lagi pakai portas yang satu gramnya saja bisa merusak area laut seluas enam meter persegi. Ada juga nelayan bawa portas 10 literan yang bisa merusak 60.000 meter persegi. Kan gila itu. Ini enggak boleh," kata Susi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.