KILAS EKONOMI

Kaki Gunung Rinjani Penyangga Bawang Putih Nasional

Kompas.com - 16/07/2018, 15:44 WIB
Wilayah Sembalun, Lombok Timur akan dijadikan sentra terbesar bawang putih IndonesiaDok. Humas Kementan Wilayah Sembalun, Lombok Timur akan dijadikan sentra terbesar bawang putih Indonesia


LOMBOK TIMUR, KOMPAS.com - Hampir separuh aneka sayuran di wilayah Mataram, Nusa Tenggara Barat dipasok dari Sembalun, Lombok Timur.

Daerah Sembalun memang menjadi penyangga utara sayuran di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bawang putih ditanam hampir di seluruh dataran Sembalun yang dikelilingi bukit dan gunung.

Untuk mendukung Sembalun menjadi sentra utama pengembangan bawang putih nasional, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berkunjung ke sana sekaligus melakukan penanaman bawang putih sebagai simbol wilayah itu akan menjadi sentra terbesar bawang putih Indonesia.

Dengan tumbuh dan berkembangnya Sembalun berbagai sentra utama di Indonesia, Andi Amran Sulaiman yakin swasembada bawang putih Indonesia akan tercapai pada 2021.

Baca juga: Percepat Swasembada Bawang Putih, Kementan Terapkan Strategi Ini

Menurut Kadis Pertanian Lombok Timur Zaini, sentra pengembangan bawang putih di Lombok Timur mencapai 10.000 hektar (ha).

Adapun sentra pertanaman tersebar di 5 kecamatan yaitu Sembalun, Wanasaba, Sikur, Pringgasela, Suela.

Penambahan luas tanam setiap saat ada karena kondisi dan ketersediaan air mencukupi. Sentra utama terbesar di Sembalun bisa mencapai 4.000 ha, tepatnya di kaki Gunung Rinjani.

Hampir seluruh wilayah ini ditanami bawang putih dengan pola monokultur, sebagian lagi tumpang sari dengan komoditas sayuran lainnya seperti cabai besar.

Baca juga: Kejar Target Swasembada Bawang Putih, Importir Diminta Ikut Menanam

“Melihat prospek ini maka Sembalun siap menjadi penyangga benih bawang putih nasional dan menyukseskan swasembada bawang putih tahun 2021,” kata dia.  

Sangga Sembalun

Ketua Gapoktan Sembalun Horti 441 Desa Sembalun Lawang Abdul Aziz mengatakan, kelompok binaannya berfokus pada penyediaan benih bawang putih varietas Sangga Sembalun.  

“Kami siapkan benih sampai bulan September sekitar 1.500 ton,” ujar dia.  

Menurut dia, permintaan bening bawang putih cukup tinggi dan mereka merasa kewalahan memenuhi permintaan itu.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X