Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF: Perang Dagang Trump Bebani Perekonomian Global 430 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 17/07/2018, 12:41 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

LONDON, KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) mengingatkan bahwa meningkatnya tensi perang dagang antara Amerika Serikat dengan negara lainnya dapat membebani perekonomian global sebesar 430 miliar dollar AS.

Sebagaimana dikutip dari The Guardian, intitusi keuangan internasional tersebut menyampaikan kecaman keras kepada Presiden AS Donald Trump. IMF menganggap ancaman AS terhadap dan mitra dagangnya, berisiko menurunkan pertumbuhan global sebesar 0,5 persen atau sekitar 430 miliar dollar AS akan hilang dari PDB dunia pada tahun 2020.

IMF menyebutkan, meski pun AS bisa mendapatkan keuntungan dari kebijakan Trump tersebut, namun dengan banyaknya negara yang terdampak, bisa membuat AS menjadi fokus pembalasan global. "Ini sangat rentan," sebutnya.

Dalam outlook ekonomi dunia yang  dikeluarkan Senin (16/7/2018),  IMF menyatakan terjadinya peningkatan risiko untuk ekonomi global. "Meski pertumbuhan dunia tetap kuat, namun ekspansinya berkurang dan risiko juga meningkat," kata IMF.

Baca juga: Perang Dagang, Pertumbuhan Ekonomi China Melambat

Di samping ancaman langsung pada tingkat perdagangan internasional yang melemah, IMF mengatakan bahwa proteksionis yang lebih besar dapat menghambat investasi bisnis, mengganggu rantai pasokan global, memperlambat penyebaran teknologi peningkatan produktivitas dan menaikkan harga barang-barang konsumsi.

IMF juga mengingatkan risiko The Fed yang bersiap menaikan suku bunga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com