Perusahaan Semen dan Baja Belum Teken Deklarasi untuk Menekan Truk Bermuatan Lebih

Kompas.com - 17/07/2018, 14:31 WIB
Ilustrasi truk barang KOMPAS/YULVIANUS HARJONOIlustrasi truk barang

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mencatat asosiasi pengusaha baja dan semen belum meneken deklarasi untuk menghilangkan kendaraan bermuatan dan berdimensi lebih.

"Satu bulan yang lalu kita sudah menandatangani deklarasi, tapi saya ingat asosiasi baja dan semen belum tanda tangan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Selasa (17/7/2018).

Budi menambahkan, dirinya sudah memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi untuk menyurati kedua asosiasi tersebut. Ia meminta agar kedua asosiasi tersebut mendukung pemerintah untuk memerangi kendaraan yang bermuatan dan berdimensi berlebih.

"Bagi teman-teman logistik saya minta pengertian, apa yang saya lakukan ini bukan untuk membuat ekonomi biaya tinggi. Dengan segala kerendahan hati asosiasi yang belum komit, asosiasi baja dan semen ikuti apa yang kita lakukan," kata Budi.

Kementerian Perhubungan akan melakukan tindakan tegas berupa penilangan atau penurunan muatan kepada kendaraan yang muatan dan dimensinya berlebih.

Rencananya, penegakan hukum terhadap kendaraan tersebut akan dilakukan mulai 1 Agustus 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.