Pemerintah Wajibkan Bulog Serap Gula Petani Rp 9.700 Per Kilogram

Kompas.com - 18/07/2018, 17:48 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai rapat koordinasi terbatas membahas fasilitas Generalized System of Preference (GSP) dari Amerika Serikat di kantornya, Jumat (13/7/2018) malam. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai rapat koordinasi terbatas membahas fasilitas Generalized System of Preference (GSP) dari Amerika Serikat di kantornya, Jumat (13/7/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menugaskan Perum Bulog untuk menyerap gula petani yang memenuhi Standar Nasional Indonesia dengan harga Rp 9.700 per kilogram.

Penugasan itu merupakan satu dari tiga poin kesepakatan yang didapat dari rapat koordinasi terbatas penyediaan gula dalam negeri pada Selasa (17/7/2018) malam.

"Menugaskan Perum Bulog menyerap gula petani atau tebu rakyat yang digiling oleh pabrik gula BUMN yang memenuhi SNI dengan harga Rp 9.700 per kilogram," kata Darmin melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (18/7/2018).

Poin berikutnya yaitu mempersilakan jika ada pihak lain yang bersedia membeli gula dengan harga di atas Rp 9.700 per kilogram. Dalam kondisi ini, Perum Bulog tidak wajib menyerap gula yang dimaksud.

Baca juga: Bulog Targetkan Penjualan Beras Sachet Merata pada September 2018

Selain itu, untuk jangka menengah panjang, pemerintah melalui kementerian dan lembaga terkait diminta segera merevitalisasi pabrik gula BUMN.

Revitalisasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan teknologi, budidaya, perluasan kebun tebu, pengelolaan pasca panen, termasuk membenahi sistem transaksi tebu dari petani ke pabrik gula serta meningkatkan rendemen (keuntungan dalam pendapatan perusahaan) gula.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.