Luhut Targetkan Semua Kendaraan Berbahan Bakar Solar Gunakan B20 pada Akhir 2018

Kompas.com - 19/07/2018, 17:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan semua kendaraan berbahan bakar solar bakal menggunakan Biodiesel 20 (B20) pada akhir 2018.

"B20 sudah mulai sekarang dan segera digunakan semua kendaraan yang memakai solar akhir tahun ini," kata Luhut saat ditemui di Gedung Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta, Kamis (19/7/2018)

Menurut Luhut, target tersebut optimis bisa direalisasikan sebab BPPT telah melakukan pengujian terhadap kendaraan yang menggunakan BBM jenis Solar.

Hasilnya, kata Luhut, semua kendaraan tersebut sudah lulus uji dan siap menggunakan B20. "Kendaraan sudah dites enggak ada masalah dan kita mau lari ke B30 ini nanti," ucapnya.

Baca juga: Biodiesel Indonesia Kembali Jajal Pasar Uni Eropa

Luhut menambahkan, penggunaan B20 sebagai bahan bakar kendaraan akan berdampak pada pengurangan impor solar sebesar 20 persen.

"Akibatnya apa? Kelapa sawit harganya akan naik dan 44 persen petani kecil itu akan menikmati harga kelapa sawit yang bisa naik 750 dollar AS atau sampai dengan 800 dollar AS," sambungnya.

Sebagai informasi Biodiesel 20 artinya BBM mesin diesel dengan campuran 20 persen minyak sawit dan 80 persen solar. Sebelumnya, penggunaan biodiesel masih untuk B15 atau campuran 15 persen minyak sawit dan 85 persen minyak solar.

Selain menghemat biaya impor, penggunaan B20 juga memberikan kontribusi mengurangi emisi CO2 sebesar 6-9 juta ton per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.