BI: JP Morgan Naikkan Rekomendasi, Aksi Jual Asing Harusnya Berakhir

Kompas.com - 20/07/2018, 06:50 WIB
Ilustrasi KOMPAS/JITETIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah tekanan global yang tinggi, JP Morgan menaikkan rekomendasi kepada investor terkait surat utang atau obligasi Indonesia dan saham.

Indonesia naik level dari netral ke overweight. Sebelumnya pada Januari 2017, JP Morgan menaikkan rekomendasi Indonesia dari underweight ke netral.

Mengutip Kontan.co.id, Jumat (20/7/2018), rekomendasi JP Morgan ini memberi sinyal bahwa fundamental makro ekonomi Indonesia kuat.

JP Morgan menyatakan, selain itu Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan potensial yang tinggi dengan rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) dan reformasi ekonomi.

Sementara, masalah twin deficit (defisit transaksi berjalan dan defisit anggaran) sudah di-priced-in pelaku pasar. Sementara itu, koreksi yang terjadi di bursa saham membuat rata-rata P/E ratio turun ke 14 kali.

Meski yang disebut oleh JP Morgan ini adalah P/E ratio bursa saham, JP Morgan melihat bahwa arus outflows sudah mereda. Sebab, meredanya arus outflows juga terjadi di pasar surat berharga negara (SBN). Artinya, JP Morgan melihat waktunya investor masuk lagi ke SBN dan saham.

“Dengan valuasi ini seharusnya sell off oleh asing di equity overdone,” kata Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Nanang Hendarsah Kamis (19/7). Itu artinya, seharusnya aksi jual investor asing di saham sudah selesai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ekonom BCA David Sumual mengatakan, yang dikemukakan oleh JP Morgan dalam laporan tersebut cocok dengan kondisi ekonomi Indonesia.

“Ini berita bagus. Harapannya arus modal masuk bisa lebih banyak, tapi itu masih tergantung sentimen eksternal. Meski demikian, fundamental ekonomi Indonesia stabil seperti kata JP Morgan,” kata dia.

David mengibaratkan, rekomendasi JP Morgan ini seperti pemeringkatan utang Indonesia oleh lembaga pemeringkat. “Seperti kalau kita diperingkat oleh S&P saja. Tinggal kita lihat, apakah investor akan bereaksi dengan rekomendasi ini,” lanjutnya. (Ghina Ghaliya Quddus)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: JP Morgan naikkan rekomendasi, BI: Harusnya aksi jual asing berakhir



Sumber KONTAN
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X