Tips agar Produk UMKM Bisa "Go International"

Kompas.com - 23/07/2018, 08:09 WIB
Pelaku UMKM memamerkan produknya di Pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAPelaku UMKM memamerkan produknya di Pameran Karya Kreatif Indonesia di Jakarta Convention Center, Jakarta.


JAKARTA, KOMPAS.com - Turut bersaing di pasar global menjadi impian sebagian besar pelaku usaha. Namun, masih sedikit produk usaha mikro kecil dan menengah yang bisa menembus pasar Internasional.

Kurator produk kreatif Baskoro Junianto membagi tips agar produk-produk UKM bisa menembus pasar global.

Dia mengatakan, hal utama yang harus diperhatikan adalah daya saing produk tersebut.

Saat ini, negara yang memproduksi kerajinan tangan lebih banyak ketimbang negara yang menerima produk tersebut. Pemasok utamanya berasal dari China, Vietnam, dan India. Sementara porsi Indonesia sangat sedikit, sekitar 3 persen.

Baca juga: Menteri BUMN Minta Rest Area Jalan Tol Bisa Dongkrak UMKM Setempat

Baskoro menyebut ada sejumlah permasalahan daya saing UMKM Indonesia. Pertama, soal kualitas. Hal yang perlu diperhatikan adalah bahan, keahlian, finishing, konsistensi standar, dan kemasan. Kualitas produk Indonesia masih di bawah ketimbang China. Namun, kualitas produk Indonesia masih lebih bagus daripada China.

"Kualitas China mungkin kualitas biasa saja, tapi harga murah banget. Ini berkaitan dengan masalah kedua, soal harga," kata Baskoro.

Harga yang dikenakan tidak perlu murah, asalkan tepat ditawarkan ke pembeli.

Kemudian, soal kapasitas produksi UMKM di Indonesia yang masih rendah. Padahal, permintaan dari negara lain cukup besar. Di China, kata dia, beberapa industri kecil bersatu, membentuk korporasi, dan bisa melalukan ekspor.

"Harus punya strategi. Bisa kolaboratif antar UKM bentuk satu korporasi supaya lebih besar," kata Baskoro.

Berikut strategi agar UMKM Indonesia bisa bersaing di pasar global:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X