Sistem "Commuter Line" Berangsur Normal, E-Ticketing Bisa Dipakai Lagi

Kompas.com - 23/07/2018, 12:30 WIB
Tiket Elektronik Commuter Line Telah Bisa, di stasiun Depok, Senin (23/7/2018). Komps.com/Cynthia LovaTiket Elektronik Commuter Line Telah Bisa, di stasiun Depok, Senin (23/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem ticketing layanan KRL commuter line pada Senin (23/7/2018) siang sudah kembali normal seperti sediakala. Hal itu nampak dari bisa digunakannya lagi kartu uang elektronik untuk tap di gate masuk stasiun.

Pantauan Kompas.com di Stasiun Rawabuntu Tangerang pukul 12.00 WIB, sebagian besar penumpang mulai kembali menggunakan kartu uang elektronik maupun Kartu Multi Trip (KMT) yang dikeluarkan PT KRL Commuter Indonesia (KCI). Antrean di loket pun sudah tidak sepanjang jam-jam sebelumnya, di mana penumpang diwajibkan beli tiket kertas seharga Rp 3.000.

Salah satu petugas PT KCI, Risa, mengimbau penumpang di Stasiun Rawa Buntu untuk coba tap pakai kartu uang elektronik masing-masing. Jika mesin gate menerima, maka penumpang bisa masuk dan naik KRL seperti biasa.

"Kalau belum bisa, beli tiket seperti biasa di loket dulu," tutur Risa.

Baca juga: PT KCI: Sistem E-Ticketing Diupayakan Rampung Siang Ini

Sementara itu Kepala Stasiun Manggarai Hendrik Muliyanto menyebutkan, di Stasiun Manggarai e-ticketing sudah bisa dilakukan.

" E-ticketing sudah bisa. Mulai THB (tiket harian berjamin), KMT dan uang elektronik sudah bisa masuk," ujar Hendrik.

Namun, sayangnya untuk uang elektronik BCA yang baru masih mengalami gangguan."Untuk Flazz BCA y ang baru berwarna putih dan banyak gambar itu masih belum bisa," sebut Hendrik.

Adapun itu, di Stasiun Sudirman sendiri saat ini pun sudah dapat melakukan tap in dengan THB, KMT atau uang elektronik dari bank.

"Sudah bisa, Mbak sejak 10.30 WIB tadi. Alhamdulillah disini masih bisa dikendalikan antriannya. Semua kartu sudah bisa buat tap in," ujar Kepala Stasiun Manggarai Sumarno kepada Kompas.com, Senin (23/7/2018).

Hingga siang ini beberapa stasiun sudah dapar menggunakan THB, KMT maupun uang elektronik. Antara lain Stasiun Depok Lama, Stasiun Depok Baru, Stasiun Cikini, Stasiun Gondangdia, Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai dan Stasiun Sudirman sudah bisa e-ticketing.

Sebelumnya, VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa menjanjikan sistem ticketing kembali normal siang ini. Ketika Kompas.com konfirmasi apakah sistem di semua stasium sudah kembali normal, belum direspons oleh Eva.

PT KCI melakukan pembaruan sistem sejak Sabtu (21/7/2018). Selama sistem diperbarui, untuk sementara penumpang diminta membeli tiket kertas seharga Rp 3.000 untuk semua jurusan karena KMT maupun kartu uang elektronik belum bisa digunakan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X