Inalum: Potensi Emas di Tambang Grasberg Tak Akan Habis hingga 2100

Kompas.com - 23/07/2018, 15:35 WIB
PT Freeport Indonesia KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTOPT Freeport Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Asahan Alumunium atau Inalum (Persero) menilai PT Freeport Indonesia masih memiliki aset dan potensi bisnis yang sangat besar.

Bahkan, tambang Grasberg yang dieksplorasi oleh Freeport Indonesia masih memiliki potensi emas yang tak akan habis dalam kurun waktu yang lama.

"Secara potensi bisnis tambang Grasberg sangat besar dan menurut teman-teman ahli tambang potensi emasnya sampai tahun 2100 juga enggak akan habis," ujar Head of Corporate Communication Inalum, Rendi Achmad Witular di Jakarta, Senin (23/7/2018).

Rendi menjelaskan, cadangan terbukti di tambang Grasberg senilai 150 miliar dollar AS. Selain itu, PTFI memilik EBITDA tahunan mencapai 4 miliar dollar AS dan laba bersihnya setelah tahun 2022 senilai 2 miliar Dollar AS.

Hal tersebut diungkapkan Rendi untuk menepis anggapan Inalum membayar harga terlalu mahal untuk mengakuisisi 51 saham PTFI senilai 3,85 miliar dollar AS.

"Bayangkan kita mengeluarkan 3,85 miliar Dollar AS untuk membeli kekayaan Grasberg yang mencapai 150 miliar dollar AS. Secara potensi bisnis tambang Grasberg sangat besar," kata Rendi.

Total dana yang diperlukan Inalum untuk divestasi 51 persen saham Freeport adalah 3,85 miliar dollar AS atau setara Rp 55,44 triliun dengan perhitungan kurs Rp 14.400 per dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari total 3,85 miliar dollar AS itu, sebanyak 3,5 miliar dollar AS akan digunakan untuk mengambil Participating Interest (PI) Rio Tinto di PTFI yang kemudian dikonversi jadi saham.

Sedangkan 350 juta dollar AS sisanya untuk mengambil 100 saham FCX (Freeport McMoran Incorporated) di PT Indocopper Investama yang memiliki 9,36 persen saham di PTFI.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.