Pembiayaan SBSN untuk Proyek Tembus Rp 22 Trilliun, Ini Rinciannya

Kompas.com - 24/07/2018, 08:36 WIB
Penulis Mela Arnani
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Peletakan batu pertama pembangunan dua gedung IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Surakarta yang dibiayai pemerintah melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dilaksanakan Senin (23/7/2018).

Dana yang diberikan pemerintah dalam pembangunan dua gedung baru di Kampus IAIN Surakarta sebesar Rp 50 miliar.

Selain dari pihak kampus IAIN, acara ini juga dihadiri beberapa pejabat pemerintah dari Kementerian Agama, Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, proyek SBSN merupakan sinergi kebijakan dari beberapa Kementerian/Lembaga.

"Pembiayaan proyek SBSN merupakan sinergi kebijakan diantara Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas, dan Kementerian/Lembaga terkait untuk membiayai proyek-proyek atau kegiatan prioritas dengan menggunakan sumber dana yang bersumber dari pasar keuangan melalui instrumen Surat Berharga Syariah Negara yang berbasis syariah", kata Luky pada Senin (23/7/2018).

Baca juga: Pemerintah Fokus pada Mega Proyek dan Investasi di Jawa

"Sinergi kebijakan tersebut antara lain berupa koordinasi yang erat dalam menyiapkan proyek-proyek yang dibiayai melalui SBSN, dimulai dari fase penyiapan, pengusulan, sampai dengan pelaksanaan proyek tersebut," sebut Luky.

Luky mengatakan, pada tahun 2018, pembiayaan proyek-proyek melalui SBSN sebesar Rp 22,53 triliun.

Alokasi dana pada tahun 2018 terdiri dari 587 proyek yang tersebar di 34 provinsi pada 7 Kementerian atau Lembaga , yakni Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kementerian PUPR, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan Badan Standarisasi Nasional.

Rincian anggaran dana tersebut antara lain:

1. 15 proyek infrastuktur perkeretaapiaan pada Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dengan nilai pembiayaan sebesar Rp 7 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.