Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Saat Belanja di Supermarket Sering "Over" Bujet?

Kompas.com - 24/07/2018, 12:24 WIB
Erlangga Djumena

Editor

KOMPAS.com - Berbagai kenyamanan dan kemudahan yang tersedia menjadikan supermarket tempat berbelanja yang paling digemari masyarakat. Barang yang super lengkap, suasana nyaman, juga dengan harga yang tidak terlalu mahal menjadi keunggulan belanja di supermarket.

Akan tetapi, pernahkah Anda menyadari bahwa selalu saja kelebihan bujet (over budget) saat membayar barang-barang belanjaan di kasir.

Kalau sudah begitu, rasa menyesal pun hinggap sesampainya di rumah.

Lalu, apa yang salah? Ada banyak kemungkinan terjadi yang menyebabkan Anda selalu saja over bujet saat belanja di supermarket.

Baca juga: Panduan Belanja Aman saat Musim Promo dan Diskon

Seperti dikutip dari Cermati.com, mungkin salah satunya karena Anda "terjebak" hal-hal di bawah ini saat berbelanja.

1.  Waktu sale dan diskon yang terbatas

Sale dan diskon yang ditawarkan di supermarket sering kali terbatas waktunya, seperti midnight sale hingga flash sale, ataupun diskon dalam periode tertentu. Dengan tawaran promosi dalam waktu terbatas, pelanggan hanya diberi sedikit waktu untuk mampu berpikir dua kali guna memutuskan apakah harus membeli barang tersebut atau tidak.

Waktu yang terbatas ini juga secara tidak sadar akan membuat pelanggan belanja secara impulsif dan memiliki keinginan untuk membeli sesegera mungkin. Sehingga tanpa disadari Anda pun telah membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan tidak ada didaftar belanja.

2.  Barang mahal diletakkan sejajar dengan mata

Penyebab selalu over bujet lainnya saat belanja di supermarket kemungkinan karena pengaruh tata letak produk-produk tertentu yang dipajang di rak-rak. Coba Anda perhatikan, biasanya barang-barang yang lebih mahal diletakkan sejajar dengan mata kita. Sedangkan produk sejenis dengan harga lebih murah biasanya diletakkan pada rak atas dan bawah.

Biasanya posisi pengaturan peletakan produk-produk itu berlaku juga dengan makanan ringan seperti cokelat dan permen yang biasanya diletakkan di rak dengan ketinggian yang mudah dijangkau oleh anak-anak. Jadi, apa yang mudah dijangkau mata berpotensi besar untuk dibeli.

3. Hanya sedikit kasir yang dibuka

Saat hanya sedikit lorong kasir yang dibuka, cukup dimungkinkan membuat Anda over bujet. Sebab dengan begitu membuat antrean di kasir akan memanjang. Di situlah Anda akan menunggu lama untuk membayar barang-barang belanjaan.

Pada saat menunggu antrean tersebut, Anda akan memiliki waktu lebih lama lagi untuk memperhatikan rak-rak di sekitar lorong kasir tersebut. Dan tidak menutup kemungkinan, keinginan untuk membeli salah satu barang yang terpajang pun semakin besar.

4.  Disambut buah-buahan dan sayuran segar

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com