Belasan Ribu Jamaah Haji Berangkat Lewat 5 Bandara Angkasa Pura II

Kompas.com - 24/07/2018, 14:32 WIB
Calon jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 6 melakukan pendataan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (18/7/2018). Sebanyak 24.524 calon jemaah haji dan 315 petugas akan diberangkatkan dari Asrama Haji embarkasi Jakarta. KOMPAS.com/ MAULANA MAHARDHIKACalon jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 6 melakukan pendataan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu (18/7/2018). Sebanyak 24.524 calon jemaah haji dan 315 petugas akan diberangkatkan dari Asrama Haji embarkasi Jakarta.

TANGERANG, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (APII) Muhammad Awaluddin menyatakan, lebih dari 11.000 jamaah haji telah berangkat dari bandara-bandara di bawah pengelolaan AP II.

Para jamaah haji tersebut berangkat melalui beberapa bandara APII yang menjadi embarkasi haji seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Bandara Internasional Minangkabau (PDG), Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM), Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ), dan Bandara Internasional Kualanamu (KNO).

“Selama periode 17 hingga 22 Juli 2018, kami telah melayani sebanyak 36 kloter dengan total sebanyak 11.448 calon jamaah haji melalui lima bandara AP II yang menjadi embarkasi haji,” ujar Awaluddin di Kantor AirAsia, Tangerang, Selasa (24/7/2018).

Baca juga: Selama 3 Hari, AP I Berangkatkan 13.118 Calon Jemaah Haji

Lebih lanjut Awaluddin menyampaikan bahwa AP II akan menerbangkan calon jamaah haji dengan total 170 kloter dari 5 embarkasi.

Adapun jumlah masing-masing kloter dari Jakarta (CGK) sejumlah 101 kloter, Padang (PDG) sejumlah 16 kloter, Palembang (PLM) akan menerbangkan 19 kloter, Aceh (BTJ) sebanyak 12 kloter, embarkasi Medan (KNO) sebanyak 22 kloter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Layanan imigrasi khusus

Pada penyelenggaraan penerbangan jamaah haji tahun ini, Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan fasilitas baru keimigrasian berupa pre-clearance immigration dari Pemerintah Arab Saudi untuk verifikasi data dan stempel visa sebelum terbang ke Jeddah.

Hal tersebut akan mempermudah calon jamaah asal Indonesia sehingga tidak perlu lagi melakukan immigration clearance ketika masuk Arab Saudi. Verifikasi data dan stempel visa ini ini berlokasi di holding room di area kedatangan Sub-Terminal 2 E.

“Angkasa Pura II terus berupaya agar pelaksanaan angkutan haji berjalan lancar. Seluruh fasilitas yang ada di bandara AP II telah disiapkan dalam menyambut penyelenggaraan haji tahun ini. Kami berharap para jamaah dapat melaksanakan ibadahnya dengan lancar, aman, dan nyaman,” kata Awaluddin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.