Biaya Navigasi Naik, AirAsia Tak Akan Naikkan Harga Tiket

Kompas.com - 24/07/2018, 22:31 WIB
CEO AirAsia Indonesia Dendy KurniawanKOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan

TANGERANG, KOMPAS.com - CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan memastikan naiknya biaya navigasi tak akan berdampak pada harga tiket AirAsia.

"Biaya navigasi dari total cost structure kita tidak terlalu tinggi. Kalau saya lihat sih kalau dari sisi kami tidak (akan naik)," kata Dendy saat ditemui di Kantor Pusat AirAsia Indonesia, Tangerang, Selasa (24/7/2018).

Namun demikian, Dendy berharap agar AirNav Indonesia selaku institusi yang menaikkan biaya navigasi bisa semakin meningkatkan pelayanan navigasi udaranya.

Dengan demikian, efektivitas maskapai penerbangan bisa turut mengalami peningkatan.

Baca juga: Kemenhub Evaluasi Tarif Batas Bawah Pesawat

"Dengan adanya kenaikan biaya navigasi kita harapkan AirNav bisa lebih meningkatkan investasinya untuk peralatan, sistem dan sebagainya. Kualitas pelayanan dari navigasi bisa jadi lebih baik," jelas Dendy.

Selain itu, Dendy juga berharap agar pengaturan air traffic control lebih bagus dan movement pesawat per jamnya juga akan lebih banyak.

Kementerian Perhubungan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 853 telah melakukan penyesuaian Biaya Pelayanan Jasa Navigasi Penerbangan.

Penyesuaian tersebut dilakukan bertahap dalam rangka meningkatkan pelayanan jasa navigasi penerbangan dengan tetap berdasarkan ketentuan internasional dan prinsip  cost recovery.

“Penyesuaian biaya PJNP ini merupakan bentuk dukungan finansial bagi AirNav untuk memenuhi kewajiban serta mengutamakan dan senantiasa meningkatkan pelayanan navigasi penerbangan bagi para penggunanya,” kata Agus Santoso dalam pernyataan tertulis, Senin (23/7/2018).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X