Semester I 2018, Penyaluran Kredit Danamon Capai Rp 133,9 Triliun

Kompas.com - 25/07/2018, 21:22 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.comIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Danamon Indonesia (Bank Danamon) mencatatkan pertumbuhan kredit sebesar 4 persen. Realisasi penyaluran kredit Bank Danamon pada semester I 2018 mencapai Rp 133,9 triliun. Angka tersebut meningkat dari semester yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 128,3 triliun.

Direktur Keuangan Bank Danamon Satinder Ahluwalia mengatakan, terdapat berbagai segmen yang berkontribusi terhadap pertumbuhan kredit perseroan.

Jika dirinci, kredit pada segmen perbankan Usaha Kecil Menengah (UKM) tumbuh 14 persen menjadi Rp 30,4 triliun. Sementara kredit consumer mortgage atau Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tumbuh signifikan, yaitu 40 persen menjadi Rp 6,9 triliun.

"Dalam hal pembiayaan kendaraan bermotor, total pembiayaan Adira Finance mencapai Rp 48,1 triliun atau tumbuh 8 persen dari tahun sebelumnya," ujar Satinder ketika memberikan paparan kinerja Bank Danamon Semster I tahun 2018, Rabu (25/7/2018).

Baca juga: Semester I 2018, Danamon Catatkan Laba Rp 2,01 Triliun

Adapun pada pembiayaan baru Adira Finance tumbuh masing-masing 14 persen untuk kendaraan roda dua dan 26 persen untuk kendaraan roda empat secara tahunan.

"Pertumbuhan ini kontras dengan kondisi semester pertama tahun 2017, dimana pembiayaan baru untuk kendaraan roda dua turun 5 persen dan roda empat hanya tumbuh 3 persen," ujar dia.

Adapun kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) tercatat naik sebesar 3,3 persen dari 3,2 persen semester yang sama tahun sebelumnya. "Ini tren umum yang terjadi di industri nasional," ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X