Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggunaan Semakin Signifikan, Bank Indonesia Gelar Seminar soal Big Data

Kompas.com - 26/07/2018, 09:00 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menggelar seminar internasional tentang big data di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/7/2018).

Seminar yang mengambil tema ‘Building Pathways for Policy Making with Big Data’ ini rencananya akan dihadiri oleh perwakilan bank sentral dari berbagai negara.

“Seminarnya akan dihadiri oleh 200 peserta dari perwakilan bank sentral seluruh dunia,” ujar Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia Hidayah Dhini Ari, Kamis.

Selain itu, seminar ini juga akan dihadiri perwakilan dalam negeri, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perbankan, kementerian, hingga pelaku usaha rintisan.

Menurut Dhini, dalam seminar ini para peserta akan diberi pemahaman terkait penggunaan big data. Sebab, pemanfaatan big data sangat penting di era digital.

Sementara itu, lanjut Dhini, pemanfaatan big data di Bank Indonesia diharapkan dapat memperkuat proses perumusan kebijakan, baik di sektor moneter, stabilitas sistem keuangan maupun sistem pembayaran.

“Bank Indonesia sendiri telah memanfaatkan big data sejak 2015 lalu untuk membantu mengambil keputusan. Ini eranya artifisial inteligent, kita tak bisa ketinggalan. Penting bagi bank sentral untuk tidak ketinggalan di situ,” kata Dhini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com