Penggunaan Semakin Signifikan, Bank Indonesia Gelar Seminar soal Big Data

Kompas.com - 26/07/2018, 09:00 WIB
Seminar big data yang digelar Bank Indonesia di Nusa Dua, Bali pada Kamis (26/7/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMASeminar big data yang digelar Bank Indonesia di Nusa Dua, Bali pada Kamis (26/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menggelar seminar internasional tentang big data di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/7/2018).

Seminar yang mengambil tema ‘Building Pathways for Policy Making with Big Data’ ini rencananya akan dihadiri oleh perwakilan bank sentral dari berbagai negara.

“Seminarnya akan dihadiri oleh 200 peserta dari perwakilan bank sentral seluruh dunia,” ujar Direktur Departemen Statistik Bank Indonesia Hidayah Dhini Ari, Kamis.

Selain itu, seminar ini juga akan dihadiri perwakilan dalam negeri, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perbankan, kementerian, hingga pelaku usaha rintisan.

Menurut Dhini, dalam seminar ini para peserta akan diberi pemahaman terkait penggunaan big data. Sebab, pemanfaatan big data sangat penting di era digital.

Sementara itu, lanjut Dhini, pemanfaatan big data di Bank Indonesia diharapkan dapat memperkuat proses perumusan kebijakan, baik di sektor moneter, stabilitas sistem keuangan maupun sistem pembayaran.

“Bank Indonesia sendiri telah memanfaatkan big data sejak 2015 lalu untuk membantu mengambil keputusan. Ini eranya artifisial inteligent, kita tak bisa ketinggalan. Penting bagi bank sentral untuk tidak ketinggalan di situ,” kata Dhini.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X