Saham Facebook Anjlok 20 Persen karena Pertumbuhan Pengguna Melambat

Kompas.com - 26/07/2018, 10:08 WIB
Ilustrasi Facebook JOSH EDELSON / AFPIlustrasi Facebook

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga saham Facebook anjlok hingga 20 persen pada sesi penutupan perdagangan Rabu (25/7/2018) waktu setempat.

Perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg ini mencatatkan perlambatan pertumbuhan pengguna sekaligus memberikan peringatan mengenai pertumbuhan pendapatan yang akan melambat dengan cepat dalam waktu dekat.

Sebelum laporan penghasilan kuartal II tahun 2018 ini, harga saham Facebook sempat menyentuh rekor tertingginya yakni 217,5 dollar AS per lembar saham. Namun angka ini pun menyusut menjadi 172 dollar AS per lembar saham.

Sehingga, bisa dikatakan kapitalisasi pasar Facebook turun hingga 123 miliar dollar AS. Dalam hitungan 2 jam, Facebook kehilangan nilai lebih dari yang pernah terjadi pada sebagian besar start up bahkan perusahaan publik.

Hal ini disebabkan, pengguna facebook hanya tumbuh sekitar 1,54 persen pengguna secara bulanan, padahal pada kuartal sebelumnya pengguna facebook tumbuh hingga 3,42 persen setiap bulannya.

Anjloknya pertumbuhan pengguna dalam waktu yang sangat ini akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan Facebook secara keseluruhan.

Facebook memperhitungkan, di Eropa terjadi penurunan jumlah pengguna dari 377 juta menjadi 376 juta pengguna setiap bulan. Sementara di Amerika Serikat dan Kanda angka tersebut tertahan pada 241 juta pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna dari kedua negara tersebut adalah yang paling menguntungkan dari Facebook, dengan masing-masing mampu menghasilkan 25,91 dollar AS per pengguna di Amerika bagian utara, dan 8,75 dollar AS di Eropa.

Jika pertumbuhan di kedua wilayah tersebut terhenti atau bahkan jatuh, maka pertumbuhan pengguna di wilayah lain di dunia yang begitu cepat, namun hanya menghsilkan 1,91 dollar AS per pengguna tidak akan dapat mengimbangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.