UMKM di Yogya Diajak Kembangkan Bisnis Lewat "The Big Start Indonesia"

Kompas.com - 26/07/2018, 19:08 WIB
Sejumlah pembicara dalam Media Gathering The Big Start Indonesia Season 3 di Yogyakarta, Kamis (26/7/2018), yaitu (dari kiri ke kanan) Senior Marcom and PR Blibli.com Lani Rahayu, Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina, founder Gaba Gaba Leather Fathurohman Alwathoni, dan founder Faarisa Moslem Wear Ocha Faarisa. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERASejumlah pembicara dalam Media Gathering The Big Start Indonesia Season 3 di Yogyakarta, Kamis (26/7/2018), yaitu (dari kiri ke kanan) Senior Marcom and PR Blibli.com Lani Rahayu, Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina, founder Gaba Gaba Leather Fathurohman Alwathoni, dan founder Faarisa Moslem Wear Ocha Faarisa.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perekonomian di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagian besar digerakkan oleh sektor usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM.

Jumlah pelaku UMKM di Yogyakarta pun ada banyak, tetapi dinilai belum terlalu agresif mengembangkan bisnis mereka hingga punya daya saing untuk berhadapan dengan produk lain.

"Yogya adalah potensi di Indonesia yang sangat besar untuk produk lokalnya. Kami ingin produk-produk Indonesia dikenal lebih jauh lagi," kata Senior Marketing Communication and Public Relation Blibli.com, Lani Rahayu, saat Media Gathering 'The Big Start Indonesia' Season 3 di Yogyakarta, Kamis (26/7/2018).

Salah satu cara untuk memperkenalkan produk lokal dari Yogyakarta adalah dengan berpartisipasi dalam The Big Start Indonesia, kompetisi pencarian pengusaha kreatif muda.

Baca juga: Bermodal Tiga Lembar Kain, Pengrajin Tapis Ini Raup Omzet Rp 40 Juta

Lani menyebutkan, Blibli.com mengadakan roadshow ke lima kota, termasuk Yogyakarta, karena meyakini UMKM di tempat tersebut tumbuh tiap tahunn.

Dalam seminar nasional Bank Indonesia dengan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia beberapa waktu lalu, Yogyakarta disebut memiliki pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional dalam lima tahun terakhir. Pertumbuhan ekonomi Yogyakarta tahun 2017 tercatat sebesar 5,26 persen dan tahun ini diperkirakan pada kisaran 5,2 sampai 5,6 persen.

"Pertumbuhan ekonomi ini ditopang oleh pertumbuhan UMKM yang pesat dan menyumbang sebesar 89,4 persen dari total produktivitas usaha," tutur Lani.

Lani mengajak pelaku UMKM memanfaatkan kesempatan momen perhelatan The Big Start Indonesia dengan langsung mendaftarkan diri. Pendaftaran sudah dibuka dari 20 Juni hingga 31 Agustus 2018 dan dapat dilakukan dengan mengakses thebigstart. blibli.com atau datang langsung ke roadshow Blibli.com.

"Untuk di Yogyakarta, roadshow dimulai besok sampai hari Minggu di Stadion Mandala Krida. Di sana, bisa lihat-lihat produk lokal dalam open market dan ada talkshow para local heroes atau pengusaha muda masing-masing kota," ujar Lani.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X