Gandeng Tanamduit, BNP Paribas Kembangkan Kanal Distribusi Online

Kompas.com - 26/07/2018, 19:34 WIB
Presiden Direktur, PT BNP Paribas Investment Partners, Vivian Secakusuma di Gedung WTC 1 Jakarta, Rabu (28/2/2018). KOMPAS.com/ PRAMDIA ARHANDO JULIANTOPresiden Direktur, PT BNP Paribas Investment Partners, Vivian Secakusuma di Gedung WTC 1 Jakarta, Rabu (28/2/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BNP Paribas Partners (BNP Paribas IP) mengembangkan kanal distribusi reksa dana secara online dengan mengandeng platform digital tanamduit yang dikembangkan oleh PT Star Mercato Capitale.

Presiden Direktur BNP Paribas IP Vivian Secakusuma mengatakan, kerja sama ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan investor melalui perluasan akses reksa dana di Indonesia.

"Kami menyadari akses financial untuk investasi perlu untuk diperluas agar dapat lebih luas dan memudahkan investasi. Salah satunya melalui dengan jalur distribusi online," ungkap , di Kantor BNP, Jakarta, Kamis (26/7).

Lebih lanjut, Vivi menjelaskan semenjak tanggal 12 Juli lalu BNP Paribas memiliki 5 produk yang telah di jual di tanamduit. Rencananya, BPSParibas pun juga akan menjual produk reksadana dalam mata uang dolar AS melalui platform tanamduit ini.

Baca juga: Invisee Luncurkan Fitur Zakat Reksa Dana

"BNP Paribas IP akan menjadi yang pertama kali menawarkan reksa dana dalam mata uang dolar AS di saluran distribusi online. Untuk kapan waktunya nanti lebih lanjut akan diumumkan kembali, saat ini yang sudah ada produk rupiah," katanya.

Sebagai informasi, BNP Paribas IP telah memasarkan produk reksa dana melalui saluran distribusi online sejak tahun 2013.

Berdasarkan data digital di Indonesia per Januari 2018, BNP Paribas memiliki total dana kelolaan dan advis sebesar Rp27,82 triliun.

Disisi lain, Direktur Pengembangan Bisnis tanamduit Muhammad Hanif mengatakan infrastuktur untuk pemasaran masih dalam proses persiapan. Diharapkan, produk ini sudah dapat dipasarkan dalam waktu dekat.

"Ada beberapa hal teknis yang sedang disipkan. Kami mau make sure secara teknis, agar dari awalnya sudah lancar dan menyenangkan," ungkapnya.

Hanif pun menuturkan, hingga pertengahan Juni 2018 ini, pengguna aktif dari fitur tanamduit berjumlah 2500 user. Dirinya berharap, dengan semakin mudahnya akses yang untuk menggunakan layanan ini melalui sistem operasi Android dan iOS, pengguna layanan aplikasi tanamduit bisa mencapai puluhan ribu hingga akhir tahun ini.

"Pertumbuhan yang cepet beberapa bulan terakhir setelah ada aplikasi ini (tanamduit) di android dan IOS. Targetnya di angka puluhan ribu account/user," ucapnya.

Adapun nominal minimun untuk menanamkan reksa dana di tanamduit sebesar Rp10.000 untuk produk reksadana rupiah. Sedangkan untuk reksadana mata uang dollar AS nantinya memiliki jumlah transaksi minimum sebesar 10.000 dollar AS atau setara dengan Rp 140 juta (kurs 1 dollar AS = Rp 14.000).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X