Ini Sebab Oknum Pegawai RupiahPlus yang Tagih Utang Tak Sesuai SOP

Kompas.com - 26/07/2018, 21:21 WIB
Direksi RupiahPlus mengunjungi Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/7/2018). KOMPAS.com/RIDWAN AJI PITOKODireksi RupiahPlus mengunjungi Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen RupiahPlus mengungkapkan kisah di balik kemunculan oknum pegawainya yang melakukan penagihan utang kepada nasabahnya dengan cara kurang baik.

Hal itu kemudian viral beberapa waktu lalu di media sosial dan sempat mencoreng nama RupiahPlus selaku salah satu perusahaan financial technology ( fintech) di Indonesia.

"Jadi ketika itu kan kondisinya mau Lebaran, atasan kami mau memberikan bonus. Jadi lah karyawan itu bersikap agresif, begitu pun di tim collection untuk penagihan. Mereka telepon untuk menagih di luar jam yang sudah ditentukan," kata Direktur RupiahPlus Bimo Adhiprabowo kepada Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Dari situ, lanjut Bimo, beberapa karyawan dari divisi collection melakukan sejumlah hal yang tak sesuai dengan standard of procedure (SOP) RupiahPlus.

Baca juga: Belajar dari Kasus RupiahPlus, Asosiasi Fintech Susun SOP Penagihan

Akibatnya, beberapa orang dari divisi tersebut akhirnya dirumahkan oleh manajemen RupiahPlus setelah terbukti melakukan penagihan yang tak sesuai dengan SOP.

"Tim collection itu ada 100 orang dan sekitar lima sampai enam orang sudah di-terminated dan investigasi masih on going," ucap Bimo awal Juli silam.

Di sisi lain, Bimo pun membantah bahwa tim dari divisi penagihan RupiahPlus ada yang mendatangi rumah nasabahnya satu per satu untuk menagih utang.

Bimo menyatakan, tim penagihan RupiahPlus merupakan jenis penagih utang desk collection.

"Di RupiahPlus, kami ini merupakan desk collection, artinya tim penagih cuma telepon saja untuk mengingatkan soal pelunasan utangnya. Tidak ada yang namanya field collection atau debt collector yang datang ke rumah-rumah, kami lebih seperti customer service," jelas Bimo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X