Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Big Data Penting Untuk Rumuskan Kebijakan

Kompas.com - 27/07/2018, 06:45 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

NUSA DUA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menilai pemanfaatan big data sangat penting di era digitalisasi. Tak terkecuali bagi bank sentral untuk merumuskan kebijakannya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Rijanto mengatakan, big data sangat berpotensi untuk dimanfaatkan oleh berbagai pihak, termasuk pemangku kebijakan di tanah air.

“Penerapan big data oleh otoritas memiliki peran penting dalam pengambilan kebijakan yang strategis untuk merespon pesatnya perkembangan ekonomi dan keuangan digital,” ujar Erwin di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/7/2018).

Erwin menambahkan, big data analytics dapat bermanfaat dalam mendukung perumusan kebijakan bank sentral, mendukung analisis moneter, makroprudensial, dan stabilitas sistem keuangan, serta menciptakan kebutuhan informasi dan riset baru.

“Pemanfaatan big data analitics di Bank Indonesia diharapkan dapat memperkuat proses perumusan kebijakan di Bank Indonesia, baik di sektor moneter, stabilitas sistem keuangan, maupun sistem pembayaran,” ucap dia.

Manfaat lainnya dari big data, lanjut Erwin, adalah tersedianya indikator-indikator baru secara lebih cepat dan lebih sering untuk mengatasi isu lag data yang seringkali dihadapi dalam perumusan kebijakan, sehingga dapat menjadi leading indicator dari sumber data utama.

Lalu, big data juga bisa dimanfaatkan untuk pemetaan keterkaitan antarpelaku keuangan secara lebih baik melalui pemanfaatan Network Analysis guna memitigasi risiko sistemik di sistem keuangan.

Selanjutnya, tersediannya indikator-indikator terkait perilaku para pelaku ekonomi melalui analisis dan pembelajaran terhadap data transaksional dan data yang tidak terstruktur, seperti pemberitaan dan media sosial. Memantau ekspektasi dan persepsi publik atas kebijakan Bank Indonesia secara lebih akurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com