Kompas.com - 27/07/2018, 06:45 WIB
Deputi Bank Indonesia (tengah) Erwin Rijanto saat konfrensi pers di Nusa Dua, Bali pada Kamis (26/7/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADeputi Bank Indonesia (tengah) Erwin Rijanto saat konfrensi pers di Nusa Dua, Bali pada Kamis (26/7/2018).

NUSA DUA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menilai pemanfaatan big data sangat penting di era digitalisasi. Tak terkecuali bagi bank sentral untuk merumuskan kebijakannya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Rijanto mengatakan, big data sangat berpotensi untuk dimanfaatkan oleh berbagai pihak, termasuk pemangku kebijakan di tanah air.

“Penerapan big data oleh otoritas memiliki peran penting dalam pengambilan kebijakan yang strategis untuk merespon pesatnya perkembangan ekonomi dan keuangan digital,” ujar Erwin di Nusa Dua, Bali, Kamis (26/7/2018).

Erwin menambahkan, big data analytics dapat bermanfaat dalam mendukung perumusan kebijakan bank sentral, mendukung analisis moneter, makroprudensial, dan stabilitas sistem keuangan, serta menciptakan kebutuhan informasi dan riset baru.

“Pemanfaatan big data analitics di Bank Indonesia diharapkan dapat memperkuat proses perumusan kebijakan di Bank Indonesia, baik di sektor moneter, stabilitas sistem keuangan, maupun sistem pembayaran,” ucap dia.

Manfaat lainnya dari big data, lanjut Erwin, adalah tersedianya indikator-indikator baru secara lebih cepat dan lebih sering untuk mengatasi isu lag data yang seringkali dihadapi dalam perumusan kebijakan, sehingga dapat menjadi leading indicator dari sumber data utama.

Lalu, big data juga bisa dimanfaatkan untuk pemetaan keterkaitan antarpelaku keuangan secara lebih baik melalui pemanfaatan Network Analysis guna memitigasi risiko sistemik di sistem keuangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, tersediannya indikator-indikator terkait perilaku para pelaku ekonomi melalui analisis dan pembelajaran terhadap data transaksional dan data yang tidak terstruktur, seperti pemberitaan dan media sosial. Memantau ekspektasi dan persepsi publik atas kebijakan Bank Indonesia secara lebih akurat.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.