The Big Start Indonesia: Evolusi Ragam Produk di "E-Commerce"

Kompas.com - 27/07/2018, 10:29 WIB
Sejumlah pembicara dalam Media Gathering The Big Start Indonesia Season 3 di Yogyakarta, Kamis (26/7/2018), yaitu (dari kiri ke kanan) Senior Marcom and PR Blibli.com Lani Rahayu, Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina, founder Gaba Gaba Leather Fathurohman Alwathoni, dan founder Faarisa Moslem Wear Ocha Faarisa. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERASejumlah pembicara dalam Media Gathering The Big Start Indonesia Season 3 di Yogyakarta, Kamis (26/7/2018), yaitu (dari kiri ke kanan) Senior Marcom and PR Blibli.com Lani Rahayu, Senior Brand Strategy Manager Blibli.com Maria Hermina, founder Gaba Gaba Leather Fathurohman Alwathoni, dan founder Faarisa Moslem Wear Ocha Faarisa.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan pemain e-commerce, jenis produk yang dijual juga mengalami perubahan.

Blibli.com sebagai salah satu pelaku e-commerce di Indonesia mengungkapkan bahwa semakin ke sini, produk yang diminati konsumen dan disediakan di platform mereka semakin beragam.

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa masyarakat makin terbiasa dengan belanja secara online. Sejak Blibli.com berdiri tahun 2011, awalnya produk yang banyak dijual hanyalah handphone, peralatan elektronik, berikut aksesorinya.

"Seiring kami juga lihat penetrasi e-commerce dan mulai banyak merchant yang percaya sama Blibli.com, banyak juga produk-produk yang masuk ke kami, variasi produknya bertambah," kata Senior Marketing Communication and Public Relation Manager Blibli.com, Lani Rahayu, saat berbincang dengan Kompas.com, Jumat (27/7/2018).

Lani menjelaskan, perubahan atau evolusi jenis produk yang tersedia di Blibli.com mulai terjadi sekitar beberapa tahun belakangan ini. Produk yang semakin diminati adalah fesyen, disusul dengan produk kuliner, hingga kategori home and living.

Mencermati minat masyarakat yang tinggi akan belanja produk fesyen di e-commerce, Blibli.com mengatur strategi dengan memanfaatkan momen tersebut. Salah satu strategi yang dijalankan adalah bekerja sama atau berkolaborasi dengan desainer-desainer lokal, dengan segmen pasar fesyen muslim, anak muda, hingga kantoran.

"Kami juga masuk ke Jakarta Fashion Week, kami mau kasih lihat kami serius di lifestyle," tutur Lani.

Produk-produk kuliner seperti bahan masakan, makanan ringan, hingga makanan kaleng serta frozen foods juga mulai diminati konsumen. Disusul dengan kategori produk home and living berupa dekorasi serta pajangan-pajangan kecil.

"Kalau diurutkan dari sisi popularitas barang, handphone dan elektronik itu memang mendominasi. Tapi, hampir sama rata sekarang. Kedua, ketiga, keempat itu lifestyle, kuliner, sama home and living," ujar Lani.

Sampai saat ini, di platform Blibli.com ada 15 kategori produk, mulai dari handphone dan tablet, fesyen, hingga otomotif.

Adapun Blibli.com sekarang sedang mengadakan The Big Start Indonesia Season 3, kompetisi untuk menjaring pelaku UMKM lokal yang produknya punya potensi bersaing dengan pemain lain di platform e-commerce.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X