Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus, Lion Air Beroperasi di Bandara Kertajati

Kompas.com - 30/07/2018, 20:00 WIB
Reni Susanti,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Layanan penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka akan bertambah seiring dengan beroperasinya Lion Air di bandara tersebut pada pertengahan Agustus 2018.

Direkur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, Lion Air sudah mengajukan layanan penerbangan untuk dua rute yakni, Denpasar-Kertajati dan Surabaya-Kertajati serta sebaliknya.

Dua rute tersebut merupakan potensi pasar yang cukup tinggi diminati. Masing-masing rute tersebut dilayani dengan satu pesawat jenis Boeing 737.

"Maskapai Lion ini sudah menyiapkan satu armada untuk masing-masing rutenya. Yakni pesawat jenis Boeing 737 yang memiliki kapasitas sekitar 165 orang," tutur Virda dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (30/7/2018).

Virda menjelaskan, jadwal Denpasar-Kertajati dijadwalkan lepas landas pukul 10.30 Wita dan tiba 11.10 WIB.

"Penerbangan Denpasar Kertajati ini diperkirakan satu jam setengah," imbuhnya.

Adapun untuk sebaliknya, Kertajati-Denpasar berangkat pukul 15.50 WIB dan tiba 18.30 Wita.

Sementara untuk penerbangan dari Kertajati menuju Surabaya pesawat berangkat pukul 11.50 WIB dan tiba pukul 13.10 WIB. Untuk rute sebaliknya, pesawat akan melayani keberangkatan pukul 13.50 WIB dan tiba pukul 15.10 WIB.

Lion Air, sambung Virda, menjadi maskapai kedua. Sebelumnya, Citilink sudah lebih dulu melakukan ekstra flight pada musim mudik Lebaran 2018, dan dilanjutkan penerbangan reguler dengan rute Kertajati-Juanda Surabaya dan sebaliknya.

Menurut Virda, permintaan layanan penerbangan reguler dari dan menuju Kertajati cukup positif. Misalnya, okupansi Citilink untuk penerbangan setiap harinya di atas 60 persen.

"Permintaan dari pasar ini lebih banyak yang menuju ke Kertajati dari Surabaya ketimbang Kertajati ke Surabaya. Keterisian kursi dari Surabaya ini selalu lebih dari 100 penumpang," imbuhnya.

Virda menambahkan, penumpang mayoritas berasal dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, dan Subang.

Dengan hadirnya Lion Air, sebaran penumpang Bandara Kertajati akan lebih luas lagi. "Misalnya warga Brebes dan Tegal. Kami meyakini mereka akan menggunakan Bandara Kertajati," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com