Berkat GPN, Transaksi Via Asing Berkurang Rp 17,7 Miliar Per Hari

Kompas.com - 31/07/2018, 07:10 WIB
Sejumlah model kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dipamerkan di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018). Bank Indonesia secara resmi meluncurkan kartu berlogo GPN yang dikeluarkan oleh bank-bank yang ada di Indonesia. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERASejumlah model kartu berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dipamerkan di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (3/5/2018). Bank Indonesia secara resmi meluncurkan kartu berlogo GPN yang dikeluarkan oleh bank-bank yang ada di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem Gerbang Pembayaran Nasional ( GPN) diklaim Bank Indonesia (BI) telah secara efisien memangkas nilai transaksi pembayaran domestik yang selama ini dilakukan di luar negeri.

Tak hanya itu, GPN juga menghilangkan fee atau biaya yang harus dibayarkan kepada penyelenggara sistem pembayaran asing.

"Sekarang nilai transaksi hanya mencapai Rp 7,25 miliar per hari. Jadi penghematan Rp 17,77 miliar per hari," kata Deputi Direktur Departemen Elektronifikasi dan GPN BI Aloysius Donanto pada saat konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Aloysius menjelaskan, sebelum adanya GPN, nilai transaksi rata-rata menggunakan kartu debit berlogo MasterCard dan Visa bisa mencapai Rp 25 miliar.

Baca juga: Nilai Transaksi Kartu Debit GPN Tembus Rp 11,58 Triliun

Di sisi lain, sejak diluncurkannya GPN pada Oktober 2017, transaksi dengan sistem ini hingga Juni 2018 tumbuh 107 persen.

"Dari sisi jumlah transaksi pun saat ini telah mencapai 24 juta transaksi dan itu gradual naik terus. Jadi secara transaksi memang besar," ujar Aloysius.  

Sebagai informasi, aturan GPN memberikan penyesuaian biaya merchant discount rate (MDR). Sebelum ada GPN, setiap transaksi dikenakan biaya MDR hingga 3 persen  dari total transaksi, sedangkan kini menjadi 0,15 persen hingga 1 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X