Kembangkan Tambang Kecil Terintegrasi, PT Timah Gelontorkan Rp 32 Miliar

Kompas.com - 31/07/2018, 11:19 WIB
Alat sub-surface hydrolic mining di salah satu lokasi pertambangan PT Timah Tbk, Senin (30/7/2018) KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahAlat sub-surface hydrolic mining di salah satu lokasi pertambangan PT Timah Tbk, Senin (30/7/2018)

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - PT Timah Tbk mengembangkan teknologi alat tambang baru yang diklaim ramah lingkungan yakni sub-surface hydrolic mining atau Tambang Kecil Terintegrasi (TKT).

"Investasi alat Rp 32 miliar untuk 160 unit," ujar Sekretaris Perusahaan PT TIMAH Tbk Amin Haris Sugiharto, di Pangkal Pinang, Senin (30/7/2018).

"Sekarang yang hampir availabe ada 100 unit. Kami baru awal mendistribusikan bulan Mei 2018 kemarin," tambah dia.

Penambangan timah alluvial biasanya dilakukan dengan metode semprot (hydraulic mining) dan secara terbuka (open mining). PT Timah memulai mengembangkan teknologi sub-surface hydrolic mining sejak 2012.

Baca juga: PT Timah Terapkan Teknologi Tambang Ramah Lingkungan

Meningkatkan cadangan

Amin menyebutkan, saat ini PT Timah mempunyai cadangan 380.000 ton. Dengan metode ini dan bekerja sama dengan masyarakat diharapkan cadangan timah akan bertambah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Cadangan timah saat ini yang exist 380.000 ton, mungkin 1-3 tahun ke depan bisa sampai 500.000 ton," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Produksi PT TIMAH Tbk Alwin Albar menjelaskan, kontribusi yang dihasilkan oleh alat sub-surface hydrolic ini bisa mencapai 500 kg tambahan timah per bulan.

"Karena kita mulainya telat, rencana awal ditargetkan 500 kg-1 ton. Namun, karena kita baru mulai awal Agustus nanti, jadi target kami 500 kg dulu," sebut Alwin.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.