Kompas.com - 31/07/2018, 14:28 WIB
Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAWakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan meluncurkan FinTech Center sebagai wadah untuk mengembangkan ekosistem industri financial technology di Indonesia. Rencananya, FinTech Center akan diluncurkan bulan depan.

"Insya Allah bulan depan diluncurkan," kata Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida saat ditemui di Forum Inklusi Finansial FinTech Indonesia di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Selasa (31/7/2018).

Nurhaida menjelaskan, FinTech Center nantinya bisa jadi tempat bagi masyarakat untuk menyumbang ide serta mendiskusikan hal-hal seputar industri tersebut. Di FinTech Center juga akan diadakan berbagai diskusi untuk pengembangan ekosistem fintech ke depan.

Dia turut mengajak masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan FinTech Center sebagai pusat informasi. Ajakan ini berkaitan dengan maraknya pertumbuhan fintech di Indonesia dan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebagai pengguna agar tidak mudah tertipu oleh fintech yang abal-abal.

Baca juga: OJK: Ada 227 Entitas Fintech yang Ilegal

Sampai saat ini, sudah ada 235 perusahaan fintech yang beroperasi di Indonesia. Total pembayaran digital melalui fintech juga sudah mencapai nilai transaksi sebesar 21 juta dollar AS.

Selain meluncurkan FinTech Center, OJK bersama Asosiasi FinTech Indonesia juga masih merumuskan kode etik sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan di fintech, khususnya untuk sektor peer to peer lending. Kode etik itu akan mengatur tentang transparansi, tata kelola perusahaan, sampai kepada perlindungan konsumen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.