Menabung Sedari Dini, Tuanya Kaya Raya...

Kompas.com - 31/07/2018, 16:07 WIB
Ilustrasi menabung KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIIlustrasi menabung

KOMPAS.com - Orang tua umumnya tentu akan selalu menyayangi dan memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan oleh anak-anaknya. Bahkan saking sayangnya tanpa disadari orang tua banyak yang memanjakan anak-anaknya termasuk dalam hal finansial.

Zaman sekarang, memang sudah jarang orang tua yang memberikan celengan agar anak mereka suka menabung. Anak-anak saat ini juga tidak banyak yang menyukai celengan, selain dinilai kurang aman, keberadaan celengan juga tidak praktis.

Namun dengan adanya berbagai tawaran sejumlah bank, orang tua sebenarnya tetap bisa mengenalkan putra putrinya soal menabung, yang tentuya lebih aman dan praktis.

Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) Kepulauan Riau Iwan M Ridwan mengatakan, saat ini tidak sedikit perbankan yang menawarkan program tabungan anak.

Berdasarkan data yang dimiliki OJK saat ini sudah ada sekitar lebih dari 26 bank yang menyediakan produk tabungan anak, yakni 15 bank merupakan bank konvensional dan 11 bank syariah.

"Hal itu memang program pemerintah. Makanya saat ini sejumlah perbankan berlomba-lomba menghadirkan tabungan anak, mulai dari bank konvensional hingga bank syariah," sebutnya.

Iwan mengatakan, untuk Bank konvensional yang menyediakan tabungan anak meliputi Bank Negara Indonesia (BNI), BNI Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Central Asia (BCA), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Permata, dan Bank Panin.

Ada juga Bank daerah seperti BPD Jatim, BPD Kalimantan Selatan, BPD NTB, BPD Sumselbabel, BPD Jabar dan Banten (BJB), BPD Jambi serta BPD Riau Kepri sendiri.

"Untuk Bank syariah diantaranya Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, BCA Syariah, BNI Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank Syariah Bukopin, BJB Syariah, Bank Mega Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) BPD Jambi dan BPRS Al-Salaam," paparnya.

Sementara itu BNI, Bank ini menyediakan beberapa program tabungan untuk anak mulai dari usia 0 hingga 17 tahun. Bahkan hingga sianak beranjak ke bangku mahasiswa.

Sebagai salah satu bank yang menyediakan tabungan untuk anak, Vice President BNI Iwan Affandi, mengatakan, pihaknya memberikan persyaratan yang mudah, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung dan melatih pengelolaan keuangan sejak dini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X