Tarif Jarak Jauh LRT Palembang Hanya Rp 10.000

Kompas.com - 01/08/2018, 10:25 WIB
Satu rangkaian LRT Palembang terparkir di depo, di kawasan Jakabaring, Palembang, Selasa (31/8/2018). KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoSatu rangkaian LRT Palembang terparkir di depo, di kawasan Jakabaring, Palembang, Selasa (31/8/2018).

JAKARTA,  KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, tarif Light Rail Transit ( LRT) Palembang sudah ditetapkan.

Tarif LRT yang diterapkan mulai 1 Agustus 2018, yakni sebesar Rp 5.000 untuk jarak dekat. Sementara bagi pengguna yang naik dan turun dari stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, harus merogoh kocek Rp 10.000.

"Tarif jarak dekat itu Rp 5.000, yang ke bandara Rp 10.000," ujar Budi di Jakarta, Selasa (31/7/2018) malam.

Budi menambahkan, Kementerian Perhubungan telah melakukan uji coba operasi LRT secara terbatas tanpa dikenakan tarif selama satu minggu kemarin.

Baca juga: LRT Palembang Punya Fitur yang Lebih Canggih dari KRL Jabodetabek

Saat masa uji coba, kecepatan LRT belum diberlakukan secara maksimal. Waktu tempuh dari Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II ke Stasiun Ogan Permata Indah Jakabaring masih 60 menit.

"Sekarang antara bandara sampai ke Jaka Baring masih 60 menit. Artinya dari kecepatan yang seharusnya kita turunkan 10 persen. Nanti menjelang Asian Games baru kecepatan itu kembali pada rencana kita, yaitu 41 menit yang lebih cepat. Kalau sekarang lebih pelan karena ini trail," kata Budi.

LRT Palembang terdiri dari 8 train set. Enam train set di antaranya siap dioperasikan dan dua train set dijadikan sebagai cadangan. Masing-masing train set terdiri dari 3 kereta dengan kapasitas kondisi nyaman 346 orang.

Pengoperasian LRT Palembang akan dilakukan oleh PT Kereta Api Indonesia. Rencananya dari 13 stasiun, baru 6 stasiun beroperasi mulai 1 Agustus 2018.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X