IFC Investasi Green Bond Sebesar 150 Juta Dollar AS ke OCBC

Kompas.com - 01/08/2018, 14:19 WIB
Jumpa Pers yang dilakukan IFC di Kantor IFC, Jakarta, Rabu (1/8/2018) KOMPAS.com/PUTRI SYIFA NURFADILAHJumpa Pers yang dilakukan IFC di Kantor IFC, Jakarta, Rabu (1/8/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - International Finance Corporation (IFC) berkomitmen sebesar 150 juta dollar AS dalam bentuk obligasi hijau yang diterbitkan oleh PT Bank OCBC NISP (OCBC NISP), Rabu (1/8/2018).

IFC yang merupakan anggota grup Bank Dunia melakukan investasi obligasi hijau perdana yang diterbitkan bank swasta di Indonesia.

OCBC NISP sebagai pelopor bank komersial obligasi hijau ini akan membiayai proyek di bawahnya, dengan masa tenor lima tahun.

"Ini tonggak bersejarah penting bagi sektor perbankan Indonesia karena ini diharapkan akan mengatalisasi pertumbuhan obligasi hijau di Indonesia," ujar Direktur Eksekutif IFC Philippe Le Houérou dalam jumpa pers di kantornya, Rabu.

Baca juga: Green Bonds Berpotensi Biayai Tiga Proyek Infrastruktur

Philippe juga menjelaskan bahwa ini adalah awal untuk obligasi hijau berkembang di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dalam sebuah negara yang angka pendanaan hijaunya masih rendah, obligasi ini sebagai awal langkah kami dalam membuka potensi pasar obligasi hijau di Indonesia untuk mendorong pendanaan baru bagi proyek pintar iklim," kata dia.

IFC mengungkapkan, menurut Bank Dunia peluang potensi di Indonesia untuk pendanaan hijau adalah sekitar 274 miliar dollar AS pada 2030.

Presiden Direktur Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengatakan, kerja sama dengan IFC ini untuk mencari solusi untuk memperluas peluang investasi swasta yang berkelanjutan secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

"Bersama dengan IFC, kami akan berkolaborasi dan mencari solusi inovatif yang akan memperluas peluang untuk investasi swasta yang berkelanjutan secara ekonomi, sosial dan lingkungan," ujar Parwati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.