Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: LRT Palembang Jadi Pembuktian Kehebatan Produk Dalam negeri

Kompas.com - 01/08/2018, 17:04 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

PALEMBANG, KOMPAS.com - Proyek Light Rail Transit (LRT) Palembang menjadi momentum untuk membuktikan bahwa kualitas produk Indonesia tak kalah dari luar negeri.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, 80 persen bahan baku LRT disuplai oleh produk dalam negeri. Bahan baku tersebut mencakup untuk konstruksi, hingga rangkaian kereta.

"Kita tunjukkan produk nasional bisa bersaing dan tidak kalah dengan produk dari luar," ujarnya, Rabu (1/8/2018).

Menurut Budi Karya, keberadaan LRT di Palembang tak hanya menjadi momentum unjuk kebolehanproduk nasional. Lebih dari itu, keberadaan sarana transportasi ini akan membantu meningkatkan kelancaran pergerakan penumpang di Palembang.

Sementara itu, Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia Rhenald Kasali mengatakan, LRT di Palembang, Sumatera Selatan merupakan terobosan baru untuk menjawab berbagai tantangan ekonomi di kota Palembang dan sekitarnya.

"Pembangunan LRT di Palembang sebagai sebuah langkah besar bagi kemajuan kota ini yang sudah semakin padat dan ekonominya bergerak begitu cepat,” kata Rhenald.

Rhenald menambahkan, LRT merupakan perwujudan dari upaya modernisasi transportasi perkotaan di luar Jawa. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah sangat serius mendorong pembangunan di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Sumatera Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com