Menhub: LRT Palembang Jadi Pembuktian Kehebatan Produk Dalam negeri

Kompas.com - 01/08/2018, 17:04 WIB
Satu rangkaian LRT Palembang terparkir di depo, di kawasan Jakabaring, Palembang, Selasa (31/8/2018).KOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Satu rangkaian LRT Palembang terparkir di depo, di kawasan Jakabaring, Palembang, Selasa (31/8/2018).

PALEMBANG, KOMPAS.com - Proyek Light Rail Transit ( LRT) Palembang menjadi momentum untuk membuktikan bahwa kualitas produk Indonesia tak kalah dari luar negeri.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, 80 persen bahan baku LRT disuplai oleh produk dalam negeri. Bahan baku tersebut mencakup untuk konstruksi, hingga rangkaian kereta.

"Kita tunjukkan produk nasional bisa bersaing dan tidak kalah dengan produk dari luar," ujarnya, Rabu (1/8/2018).

Menurut Budi Karya, keberadaan LRT di Palembang tak hanya menjadi momentum unjuk kebolehanproduk nasional. Lebih dari itu, keberadaan sarana transportasi ini akan membantu meningkatkan kelancaran pergerakan penumpang di Palembang.

Sementara itu, Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia Rhenald Kasali mengatakan, LRT di Palembang, Sumatera Selatan merupakan terobosan baru untuk menjawab berbagai tantangan ekonomi di kota Palembang dan sekitarnya.

"Pembangunan LRT di Palembang sebagai sebuah langkah besar bagi kemajuan kota ini yang sudah semakin padat dan ekonominya bergerak begitu cepat,” kata Rhenald.

Rhenald menambahkan, LRT merupakan perwujudan dari upaya modernisasi transportasi perkotaan di luar Jawa. Hal ini membuktikan bahwa pemerintah sangat serius mendorong pembangunan di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Sumatera Selatan.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X