Angkasa Pura II Berpeluang Kelola Bandara Kediri

Kompas.com - 01/08/2018, 19:25 WIB
Ilustrasi landasan pacu bandara Thinkstockphotos.comIlustrasi landasan pacu bandara

PALEMBANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (persero) berpeluang menjadi pengelola Bandara Kediri yang dibangun oleh PT Gudang Garam Tbk.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Angkasa Pura II ( AP II) Daan Achmad mengatakan pihaknya sudah mendengar dari Gudang Garam yang berminat mempercayakan pengelolaan Bandara Kediri ke AP II.

"Nilai pembangunan Bandara Kediri cukup besar, yakni Rp 4 triliun hingga Rp 5 triliun. Semua itu dibiayai oleh Gudang Garam sendiri," ujarnya Rabu (1/8/2018).

Menurut Daan, pihaknya menyatakan siap untuk mengelola bandara tersebut. Sehingga, hal itu akan menambah portfolio bisnis perseroan di wilayah Jawa bagian timur.

Bandara Kediri merupakan infrastruktur yang dikembangkan sepenuhnya oleh swasta. Bandara ini akan menempati lahan seluas 400-600 hektare

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Mei lalu mengungkapkan hingga saat ini sudah ada progres yang cukup bagus atas rencana pembangunan bandara di Kediri, Jawa Timur. Bahkan juga berlangsung finalisasi desain.

Beberapa hal yang prinsip seperti lokasi maupun perizinan, kata Menhub Budi, juga sudah dikantongi. Bahkan rekomendasi dari TNI Angkatan Udara soal wilayah udara juga sudah final.

"Bandara lagi kita bahas. Lokasinya sudah kita tetapkan," ujar Menhub di sela meresmikan jembatan Wijaya Kusuma di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Selasa (29/5/2018).

Soal lokasi itu, kata Menhub, saat ini masih fokus pada penyelesaian pembebasan tanahnya. Dari kebutuhan lahan yang ada, saat ini menurutnya perkembanganya cukup baik dengan capaian pembebasan mencapai 70 sampai 80 persen.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X