Ongki Wanadjati Bakal Jadi Dirut Bank Hasil Merger BTPN dan Sumitomo

Kompas.com - 02/08/2018, 23:28 WIB
Ilustrasi Josephus PrimusIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk ( BTPN) dan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI) akan melakukan merger. Nama bank hasil merger ini nantinya akan menggunakan nama BTPN.

Direktur Utama BTPN Jerry Ng mengatakan, bank hasil merger tersebut akan dikomandani oleh Ongki Wanadjati Dana yang saat ini menjabat sebagai wakil direktur utama BTPN.

"Dengan senioritas Ongki yang sudah berpengalaman di sektor keuangan lebih dari 36 tahun, ditambah pengalaman menjabat sebagai Wakil Direktur Utama BTPN selama lebih dari 10 tahun, saya percaya bahwa suksesi ini akan membawa implikasi positif terhadap jalannya perusahaan,” ucap Jerry dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (2/8/2018).

Jerry menyatakan, aksi penggabungan dan suksesi yang dipersiapkan dengan sangat matang ini menunjukkan kolaborasi yang positif  antara manajemen BTPN, SMBCI, dan pemegang saham.

Baca juga: Setelah Merger, BTPN akan Jadi Bank Terbesar ke-8 dari Sisi Aset

“Rencana penggabungan dua bank yang berlangsung secara lancar ini menunjukkan bahwa pemegang saham meyakini prospek investasinya di masa mendatang sehingga mau melangkah lebih lanjut, sementara manajemen telah menyiapkan peta jalan yang jelas untuk pengembangan bank ini ke depannya,” kata Jerry.

Jerry juga memastikan selama proses penggabungan ini, layanan operasional bank akan tetap berjalan tanpa gangguan dan proses operasional kedua bank dapat disatukan dengan lancar.

Sementara itu Komisaris Utama BTPN Mari Elka Pangestu  menyebutkan, pergantian manajemen merupakan bagian dari proses transisi yang telah dimulai beberapa tahun sebelumnya.

Dipilihnya Ongki sebagai pimpinan bank hasil penggabungan tersebut menurut dia, Jerry Ng sebagai pimpinan dalam manajemen, berpandangan perlunya membangun successor untuk membawa pemikiran dan energi baru bagi BTPN.  

“Pada 2016, Jerry telah menyatakan keinginannya untuk tidak lagi diangkat sebagai Direktur Utama, setelah masa jabatannya berakhir di 2019. Menyikapi itu, kami mulai mempersiapkan proses suksesi dan menominasikan Ongki Wanadjati Dana sebagai calon pengganti Jerry Ng,” papar Mari.

Mari mengatakan, seluruh rencana tersebut akan dimintakan persetujuan kepada regulator. Selama proses penggabungan Jerry pun akan tetap memimpin BTPN.

“Dengan demikian, pergantian ini dipastikan tidak akan mengganggu proses bisnis di perusahaan," ucapnya.

Adapun President and CEO of SMBC Makoto Takashima, menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kepemimpinan Jerry selama ini dan berharap ke depan dapat bekerja sama dengan Ongki.

"Sebagai pemegang saham pengendali BTPN, salah satu bank yang sangat inovatif di Asia Tenggara, kami terus mendukung manajemen bank yang baru untuk membuat BTPN menjadi bank pilihan utama di Indonesia dengan fokus pada teknologi," sebutnya.

Berdasarkan neraca per 31 Mei 2018, aset bank hasil penggabungan diperkirakan mencapai Rp 179 triliun.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X