Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Baya Remitansi dari Korea Selatan, BNI Gandeng GME

Kompas.com - 03/08/2018, 07:52 WIB
Putri Syifa Nurfadilah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

SEOUL, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) merangkul perusahaan remitansi lokal Global Money Express (GME) Korea Selatan, untuk meningkatkan layanan pengiriman uang ke Indonesia.

Saat ini, biaya remitansi dari Korea ke Indonesia dinilai sangat mahal dan banyak potongan bagi penerima. Namun dengan menggandeng GME, BNI menawarkan jasa pengiriman uang dengan biaya 70 persen lebih murah dibanding Bank Lokal.

Penandatanganan kerja sama antara BNI dan GME ini dilakukan oleh Direktur Bisnis Tresuri dan Internasional BNI Rico Rizal Budidarmo dan CEO GME Sung Jong Hwa di Seoul, Korea Selatan, Rabu (1/8/2018).

"Melalui kerja sama ini, turut diluncurkan aplikasi Digital Platfrom Remittance BNI – GME sehingga layanan kiriman uang dari Korea ke Indonesia bisa dilakukan dengan lebih mudah dan dapat diakses dimana saja," kata Rico dalam keterangan resminya, kamis (2/3/2018).

Rico mengatakan langkah ini sejalan dengan visi ulang tahun BNI ke-72 tahun yakni #BNItuDigital yaitu pencanangan digitalisasi pada seluruh aspek layanan dan produk BNI. Dia juga menyebutkan layanan bersama BNI – GME ini semoga dapat meningkatkan proses inklusi keuangan.

“Kerjasama ini adalah wujud komitmen Bank BNI sebagai agent of development untuk meningkatkan devisa negara dengan memberikan layanan terbaik bagi Pekerja Indonesia di Korea Selatan agar bisa menabung setiap saat dan dapat dilakukan dari seluruh penjuru Korea,” lanjut dia.

Lebih dari 45.000 pekerja asal Indonesia saat ini bekerja di berbagai sektor industri seperti manufaktur, tekstil, pertanian dan perikanan di Korea Selatan.

GME sendiri adalah perusahaan remitansi pertama yang mendapatkan izin beroperasi di Korea Selatan dan memiliki cabang terbanyak di Korea Selatan yang meliputi kota-kota besar di Korea Selatan yaitu Dongdaemun Branch, Ansan Branch, Hwaseong Branch, Gimhae Branch dan Songwoori Branch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com