BI Sebut Pertumbuhan Simpanan Masih Rendah, Meleset dari Prediksi

Kompas.com - 04/08/2018, 20:15 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo usai rapat dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (11/7/2018). KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERAGubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo usai rapat dengan Badan Anggaran DPR RI, Rabu (11/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, meskipun kinerja perbankan semakin baik, tetapi pertumbuhan simpanan atau dana pihak ketiga (DPK) masih terlampau rendah.

Perry menyebutkan, angka pertumbuhan simpanan pada Juni sebesar 7 persen. Angka ini sudah meningkat dari periode Mei 2018 sebesar 6,5 persen.

Ia memproyeksi, hingga akhir tahun pertumbuhan simpanan dapat mencapai 9 hingga 10 persen.

"Pertumbuhan DPK 7 persen itu masih terlalu rendah, perkiraan kami 9-10 persen," ujar Perry ketika ditemui awak media di Gedung BI, Jumat (3/8/2018).

Ia mengatakan, pertumbuhan DPK ini masih dapat digenjot seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang sedang diupayakan oleh pemerintah.

Perry optimistis bahwa kredit masih dapat tumbuh 10-12 persen hingga akhir tahun. Adapun deposito diperkirakan tumbuh 11-10 persen.

Sementara per Juni 2018, kredit perbankan tumbuh 10,8 persen secara tahunan (year on year/yoy), lebih tinggi dari bulan sebelumnya sebesar 10,1 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) juga cenderung terkendali pada level 2,67 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.